IBL

Victor Wembanyaman bersiap menjalani debutnya di musim reguler NBA. Setelah terpilih sebagai urutan pertama NBA Draft 2023 pada Juni lalu, Wemby mengalami perubahan fisik yang signifikan. Selama jeda musim ini ia sukses menaikkan massa otot dan bobot tubuh hampir 7 kg.

Peningkatan itu dilakukan untuk mempersiapkan fisik Wemby akan kerasnya pertandingan di NBA. Jika ia tidak memiliki kekuatan fisik yang kuat, Wemby bisa rentan mengalami cedera. Cedera yang parah tentu akan berdampak buruk pada performa dan kelanjutan kariernya.

“Sejak saya berada di San Antonio, berat badan saya bertambah 10-15 pon (4,5-6,8 kg). Saya mencoba berhenti di titik ini. Saya mencoba untuk tidak menambahkan terlalu banyak dalam waktu terlalu cepat. Kami berada pada jalur yang tepat,” ujarnya dalam laman resmi NBA.

Perubahan itu membuat Wemby merasa lebih baik. Mantan pemain Asvel dan Metropolitan 92 itu merasa kondisi fisiknya saat ini adalah yang terbaik yang pernah ia alami dalam hidupnya.  

“Segala sesuatu di sini dilakukan dengan tujuan. Saya belajar lebih banyak tentang tubuh saya dalam tiga bulan terakhir dibandingkan dengan yang saya pelajari dalam lima tahun terakhir,” kata pemuda 19 tahun itu.

Wemby juga memuji profesionalitas Spurs yang begitu detail terhadap semua hal-hal teknis pemain. Hal ini yang membedakannya saat ia masih bermain di Eropa terkait progress jangka panjang.

Wemby sempat tampil dalam dua gim Summer League di Las Vegas. Pada gim pertama ia mendapat komentar miring karena penampilannya dinilai tidak terlalu memuaskan. Wemby bermain lebih baik di gim kedua. Kemudian Spurs memutuskan menarik Wemby agar fokus pada persiapan musim perdananya.

Pemuda asal Prancis itu bertekad ingin membawa Spurs ke era kejayaannya lagi. Sepanjangs ejarahnya, Spurs memenangkan lima gelar. Terakhir pada 2014. Spurs sendiri tidak lolos playoff dalam empat musim terakhir.

“Mereka tahu cara memenangkannya. Mereka pernah melakukannya dan mereka ingin melakukannya lagi. Itu adalah harmoni yang indah,” imbuhnya. (rag)

Foto: NBA

Komentar