IBL

Keputusan besar diambil oleh legenda basket Serbia sekaligus juara NBA 2022, Nemanja Bjelica. Melalui akun Instagram pribadinya, Bjelica mengumumkan bahwa ia pensiun dari dunia basket profesional. Bjelica pensiun di usianya yang kini menginjak 35 tahun. 

Permasalahan utama Bjelica adalah cedera. Selepas juara bersama Golden State Warriors pada 2022, Bjelica yang memutuskan kembali ke Eropa bersama Fenerbahce. Sayangnya, ia tak bermain banyak karena cedera betis yang terus melanda. 

Hanya setahun dari total kontrak dua tahunnya dengan Fenerbahce, kedua pihak sepakat mengakhiri kerja sama. Bjelica pulang ke Serbia untuk merapat ke Crvena Zvezda atau Red Star Belgrade. Namun, tak sampai satu bulan di tim yang pernah ia bela pada 2008-2010 ini ia kembali berpisah. Bjelica dilaporkan terlibat pertikaian dengan pelatih Dusko Ivanovic. 

Bjelica total berkarier di basket profesional selama 16 tahun. Ia memulainya dengan Traiskirchen Lions di liga Austria. Setelahnya ka ke Crvena Zvezda, Baskonia, dan Fenerbahce. Bersama tim asal Turki ini Bjelica memenangkan gelar MVP EuroLeague pada 2015. Ia juga jadi pemain terbaik Serbia di tahun yang sama. 

Gelar prestis ini yang membuat ia dilirik oleh NBA. Ia merapat ke Minnesota Timberwolves selama tiga tahun sebelum menghabiskan jumlah waktu yang sama dengan Sacramento Kings. Semusim sempat ia mainkan dengan seragam Miami Heat hingga akhirnya ia berperan krusial dalam gelar juara Warriors pada 2022. 

Untuk level internasional, Bjelica membantu Serbia merebut medali perak di EuroBasket 2009 dan medali yang sama di gelaran Piala Dunia 2014 Spanyol. Selamat menikmati masa pensiun Bjelica! (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar