IBL

Setelah tak kunjung mendapatkan tim sejak 2020, pemain veteran, Jamal Crawford, akhirnya memutuskan pensiun. Kabar ini ia sampaikan sendiri melalui akun Twitter resmi miliknya.

"Selamat tinggal kepada permainan, kepada semua adrenalin yang sudah terlepas," buka Crawford pada Senin pagi, 21 Maret 2022, waktu setempat. "Terima kasih basket, saya berhutang segalanya kepadamu."

Crawford total bermain 20 musim di NBA. Masuk sebagai pilihan kedelapan NBA Draft 2029, Crawford menghabiskan 20 musim tersebut dengan sembilan tim yang berbeda. Crawford terakhir kali tampil satu gim untuk Brooklyn Nets saat musim 2019—2020 dilanjutkan di "gelembung" NBA.

Sembilan tim yang ia bela adalah Chicago Bulls, New York Knicks, Golden State Warriors, Atlanta Hawks, Portland Trail Blazers, Los Angeles Clippers, Minnesota Timberwolves, Boston Celtics, dan Nets.

Dari tim-tim tersebut, masa bakti terlama Crawford adalah lima musim. Perjalanan terlama itu terjadi bersama Clippers. Performa terbaik Crawford secara statistik terjadi di 2007—2008. Membela Knicks, ia mencetak rataan 20,6 poin per gim. Di musim itu pula, Crawford tampil 80 kali dan seluruhnya menjadi starter. 

Catatan itu cukup menarik mengingat Crawford terkenal sebagai salah satu pemain cadangan terbaik sepanjang sejarah NBA. Ia total mengumpulkan tiga gelar pemain cadangan terbaik (Sixth Man of the Year). Itu adalah catatan terbanyak di NBA, seimbang dengan milik Lou Williams.

Crawford juga berada di peringkat dua, di bawah Lou, dalam urusan total poin untuk pemain cadangan. Lou tampil 996 kali dan mencetak 13.373 poin. Crawford ada di belakangnya dengan 11.279 poin dari 894 gim.

Crawford juga masuk jajaran elite. Hanya ada delapan pemain yang tampil setidaknya 20 musim di NBA dan ia adalah salah satunya.

Pria berusia 42 tahun ini juga memegang rekor sebagai pemain tertua yang mencetak 50+ poin dalam satu gim. Ia melakukan itu di usia 39 tahun 20 hari saat membela Suns dalam gim lawan Dallas Mavericks, 9 April 2019.

Terakhir, catatan rekor hebat milik Crawford adalah kehebatannya dalam mendapatkan four-point play. Crawford total mendapatkan 55 kali four-point play di musim reguler. Jika digabungkan dengan playoff, total four-point play yang didapatkan Crawford adalah 60 kali.

Crawford belum menyebutkan apa fokusnya setelah pensiun. Namun, sebelum pensiun pun, Crawford kerap menyibukkan dirinya sebagai penyelenggara turnamen basket musim panas di kota kelahirannya, Seattle, Washington. Selamat menikmati pensiun J Crossover!!! (DRMK)

Foto: NBA

Komentar