IBL

Houston Rockets sedang berkembang akhir-akhir ini, dan mereka harus berterima kasih kepada Jalen Green. Dalam pertandingan Selasa malam (19/3) waktu Amerika Serikat melawan Washington Wizards, Green mencatatkan rekor tertinggi dalam karirnya dengan 42 poin, bersama dengan 10 rebound, menjadikannya pencetak poin terbanyak dalam pertandingan tersebut. Rockets mengakhiri malam itu dengan skor 25-6 untuk memastikan kemenangan melawan Wizards, dengan skor telak 137-114.

Jalen Green melanjutkan permainan impresifnya sehari setelah menerima penghargaan Player of The Week pertama dalam kariernya. Dia memimpin tim dalam mencetak poin tertinggi musim ini, melalui 12 dari 21 percobaan dari lapangan, 7 dari 13 dari tripoin. Green mencetak 19 poin selama kuarter pertama, yang membuat Rockets memimpin 39-36 memasuki periode kedua.

Amin Thompson mencetak 25 poin dan 10 rebound, terbaik dalam kariernya dalam kemenangan tersebut, sementara Jabari Smith Jr. menyelesaikan malamnya dengan 18 poin dan 14 rebound. Penampilan Smith melawan Wizards menandai dobel-dobel yang ke-16, menyamai pencapaian tertinggi dalam kariernya pada musim 2022-2023. Jock Landale memberikan Rockets dorongan besar dari bangku cadangan dengan 10 poin dan tujuh blok dalam kemenangan tersebut.

Rockets memimpin 60-57 pada paruh pertama. Namun karena permainan tim yang biasa-biasa saja selama dua kuarter pertama, Wizards sempat unggul singkat 74-71 di pertengahan kuarter ketiga. Namun, Rockets menemukan alurnya setelah Thompson melakukan dunk pada menit 5:36. Rockets mengungguli Wizards 29-8 untuk menutup kuarter ketiga. Hijau menyumbang 15 poin selama periode tersebut. 

Corey Kispert memimpin Wizards dengan 16 poin terbaik tim, sementara Jared Butler menambahkan 15 poin. Dengan kekalahan tersebut, Washington telah kehilangan 21 dari 23 pertandingannya di tengah lima kekalahan beruntun. 

Wizards hanya memenangkan total empat pertandingan kandang musim ini. Dengan skor 11-58, mereka adalah tim terburuk di liga, di belakang Detroit Pistons. Selanjutnya, Rockets akan menjamu Chicago Bulls pada Kamis malam, sedangkan Wizards menyambut Sacramento Kings pada malam yang sama.

Sementara itu, performa Jalen Green yang bagus menjaga asa Rockets untuk bisa masuk turnamen play-in. Pada 10 Maret 2024, bintang baru Rockets, Alperen Sengun, menderita keseleo pergelangan kaki tingkat tiga dan harus dibawa keluar lapangan dengan kursi roda. Diumumkan bahwa dia kemungkinan besar akan melewatkan sisa musim ini, tampaknya mengurangi harapan playoff Rockets.

Namun terlepas dari itu, Rockets ternyata sangat dominan sejak saat itu. Mereka memenangkan pertandingan melawan Kings dan tidak pernah kalah sejak itu. Sekarang, kemenangan ini menandai kemenangan keenam berturut-turut, dan membuat rekor Rockets menjadi 8-1 pada bulan Maret.

Rockets hanya tertinggal 2,5 gim dari Golden State Warriors untuk memperebutkan tempat terakhir di turnamen play-in. Dengan ketidakhadiran Sengun, Green tidak hanya menjadi pusat perhatian, dia juga melakukannya dengan tangan terbuka. Dalam pertandingan tanpa Sengun, Green rata-rata mencetak 29,4 poin, 10 rebound, dan 4,8 asis per gim. (*)

Foto: San Diego Union-Tribune

Komentar