IBL

Polandia adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang memiliki populasi 38 juta orang, atau sekadar 1/9 dari keseluruhan Indonesia. Polandia juga tak punya sejarah kuat di olahraga, khususnya basket. Sebuah predikat yang mungkin akan berubah dalam beberapa waktu ke depan. 

Bukan tanpa alasan predikat ini bisa berubah. Pada EuroBasket 2022, Polandia berhasil mengejutkan publik dengan lolos ke semifinal setelah mengalahkan juara bertahan Slovenia. Slovenia ini pun bukan Slovenia yang ala kadarnya. Mike Tobey ada, Goran Dragic kembali dari pensiun, Luka Doncic sedang panas-panasnya, namun mereka semua tunduk dari Polandia yang bahkan tidak punya pemain yang bermain di EuroLeague. 

Kejutan ini mungkin akan terulang di tahun ini. Pasalnya, Polandia akan mendapatkan tambahan kekuatan yang harusnya signifikan. Pertama, yang sudah pasti adalah Jeremy Sochan, forwarda-senter San Antonio Spurs. Sochan sudah menyatakan komitmennya untuk Polandia. Hanya cedera yang bisa menghalanginya untuk bermain. 

"Meski belum ada deklarasi resmi, masih ada poses yang harus dilalui, kami percaya kami sudah sangat dekat untuk mencapai kesepakatan bahwa Sochan akan membela tim nasional Polandia," buka Lukasz Koszarek, Direktur tim nasional Polandia dalam rilis resmi federasi. "Ia ingin bermain untuk Polandia. Ia ingin berjuang mencari tempai di Olimpiade. Namun, tak semuanya berganung kepada dia. 

"Kami harus menunjukkan kesungguhan kami untuk berkoordinasi dengan Spurs di segala aspek agar Sochan bisa bergabung di musim panas nanti. Ada beberapa hal yang belum bisa kami sampaikan ke publik. Yang bisa saya ungkapkan, hal terpenting dalam situasi ini adalah kesehatan Sochan. Itu akan menjadi kunci untuknya membela Polandia," imbuhnya. 

Sochan sejatinya sudah pernah membela tim senior Polandia pada 2021. Ini bukan hal baru untuknya selain statusnya kini sebagai pemain NBA. Sudah menjadi konsumsi publik bahwa tim nasional harus menjalin komunikasi baik dengan tim NBA agar bisa melepas pemain mereka. 

Brandin Podziemski timnas Polandia

Selain Sochan, ada peluang ruki Golden State Warriors, Brandin Podziemski juga bergabung ke Polandia. Brandin sendiri sudah menyampaikan ketertarikannya untuk bergabung, namun proses masih akan sangat panjang. 

Kakek dari Brandin adalah orang Polandia dan ini bisa mempercepat prosesnya untuk mendapatkan paspor Polandia. Namun, Brandin sendiri tampaknya belum siap penuh untuk mengikuti rangkaian proses yang ada. 

"Brandin sampai sekarang belum ingin mendeklarasikan apapun. Kami paham situasinya. Ia sadar apa yang terjadi di sekelilingnya, namun ini baru musim pertamanya di NBA, ia jelas butuh waktu. Kariernya meningkat drastis dalam waktu beberapa bulan sehingga banyak sekali suara di sekitarnya. Anda butuh ketenangan untuk memutuskan hal seperti itu. Kami berharap yang terbaik untuk Sochan dan Brandin," tutup Koszarek. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar