IBL

Donovan Mitchell adalah korban terbaru dari persyaratan 65 pertandingan baru untuk penghargaan individu NBA musim 2023-2024. Pasalnya, bintang Cleveland Cavaliers tersebut sudah melewatkan 18 pertandingan. Sehingga dia tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan individu. 

Mitchell melewatkan pertandingan ketujuh berturut-turut karena cedera tulang lutut kiri, saat Cavaliers kalah 111-117 dari Phoenix Suns. Cedera ringan sepanjang musim telah menyebabkan Mitchell absen 11 kali sebelum cedera serius kali ini. Dia rata-rata mencetak 28,0 poin, 5,4 rebound, 6,2 asis, dan 1,8 steal per gim, tetapi sekarang tidak bisa bersaing untuk mendapatkan gelar All-NBA yang layak dia dapatkan. Karena tidak memenuhi syarat pertandingan. 

Mitchell memiliki peluang nyata untuk masuk tim All-NBA atas penampilannya yang luar biasa di Cleveland musim ini. Dia memimpin tim meraih salah satu kemenangan terbaiknya musim ini sementara Darius Garland dan Evan Mobley absen karena cedera. Mereka unggul 9-9 dalam 18 pertandingan yang dilewatkan Mitchell dan 32-15 saat dia bermain. Dengan Cavaliers naik jadi unggulan kedua di Timur, dia akan menjadi pilihan utama di All-NBA jika dia memenuhi syarat. Sayangnya, superstar Cavaliers itu akan kehilangan penghargaan tersebut.

Banyak bintang NBA menghadapi masalah ini, terutama Joel Embiid. Performa MVP Embiid hancur setelah dia memaksakan diri bermain saat cedera agar tidak kehilangan kelayakannya. Jimmy Butler juga tidak memenuhi syarat tetapi secara terbuka menyatakan dia tidak peduli dengan pilihan All-NBA. Bintang terkenal lainnya yang melewatkan 18 pertandingan atau lebih musim ini termasuk Kyrie Irving, Bradley Beal, dan Julius Randle. 

Selain Mitchell, akan ada pemain bintang segera bergabung dengannya. Salah satu pemain yang masih memenuhi syarat adalah Devin Booker dari Phoenix Suns. Meskipun Booker rata-rata mencetak 27,5 poin, 4,6 rebound, dan 6,8 asis untuk Suns, dia bisa tersingkir dari perlombaan All-NBA jika dia melewatkan empat pertandingan lagi. Tyrese Haliburton juga harus cepat kembali dari cedera hamstring untuk menjaga dirinya memenuhi syarat All-NBA karena hal itu dapat menghasilkan kelayakan kontrak supermax. Pemimpin asis liga musim ini hanya boleh melewatkan lima pertandingan lagi untuk mempertahankan dirinya dalam seleksi All-NBA pertamanya.

Untungnya, banyak kandidat MVP dan pemain kunci All-NBA akan mencapai persyaratan 65 pertandingan untuk memperkuat posisi mereka. Shai Gilgeous-Alexander dan Nikola Jokic telah memainkan 63 pertandingan musim ini, Giannis Antetokounmpo dan Anthony Edwards telah memainkan 62 pertandingan, dan Jayson Tatum telah memainkan 60 pertandingan. Beberapa pemain yang hampir mencapai 60 pertandingan antara lain Kawhi Leonard, LeBron James, dan Luka Doncic, yang semuanya telah memainkan 57 pertandingan. (*)

Foto: Sporskeeda

Komentar