IBL

Victor Wembanyama menjadi kandidat kuat Rookie of the Year 2024. Tetapi melihat statistiknya musim ini, Wemby juga dinilai bisa masuk kandidat Defensive Player of the Year (DPOY). Draymond Green, DPOY 2017, menilai terlalu berlebihan mengharapkan Wemby mencapai dua gelar individu dalam musim perdananya.

Dalam Draymond Green Show: The Volume, pemain Golden State Warriors itu mengungkapkan alasan Wemby tidak akan menjadi DPOY tahun ini. Salah satunya adalah lini pertahanan San Antonio Spurs yang buruk.

“Dia memiliki statistik dan peluang untuk memenangkan DPOY. Saya pribadi tidak berpikir ia memenangkan DPOY tahun ini. Bahkan jika Rudy Gobert (center Timberwolves) tidak mencapainya di musim ia memenangkan DPOY, saya tetap berpikir Anda tidak bisa memberikan penghargaan itu kepada seseorang yang timnya berada di peringkat ke-24 pertahanan terbaik di liga,” kata Draymond.

Wemby bermain dalam 56 gim. Pilihan pertama NBA Draft 2023 itu memiliki rata-rata 20,7 poin, 10,3 rebound, 3,4 asis, dan 1,3 steal. Untuk blok, Wemby nomor satu di musim ini. Ia memimpin dengan 3,4 blok per gim dengan total 193 blok. Selain itu, Wemby berada pada peringkat ke-12 rebound per gim, ke-14 steal per gim, dan ke-10 dalam defensive win share, serta ketiga dalam defensive rating.

Untuk Spurs sendiri, mereka menjadi tim terburuk di Wilayah Barat. Spurs berada di dasar dengan rekor menang kalah 14-50. Tim asuhan Gregg Popovich itu memiliki 120,2 poin per gim yang merupakan peringkat ke-25 di NBA. Inilah yang membuat Draymond meragukan DPOY untuk Wemby.

Sebagai perbandingan, Rudy Gobert yang memenangkan DPOY tiga kali, memiliki rata-rata 12,8 rebound dan 2,1 blok per gim. Gobert juga memimpin liga dalam defensive win share dan defensive rating. Minnesota Timberwolves memiliki rekor 44-21 dan menjadi tim dengan pertahanan terbaik di liga. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar