IBL

Victor Wembanyama memanglah alien. Pemain yang akrab disapa Wemby itu lagi-lagi mencatat sejarah langka. Ia menjadi pemain NBA pertama yang masuk finalis Rookie of the Year (ROY) dan Defensive Player of the Year (DPOY) pada musim yang sama.

Pemain lain, yang mendekati raihan serupa yaitu Manute Bol pada 1986. Tetapi Manute hanya di posisi kedua DPOY dan kelima ROY. Pada tahun itu, Patrick Ewing menjadi ROY dan Alvin Robertson sebagai DPOY. Kemudian ada Tim Duncan menjadi ROY 1998 tapi hanya masuk posisi keenam DPOY.

Dalam musim pertamanya ini, Wemby memenuhi prediksi sebagai calon Rookie of the Year. Finalis ROY lainnya adalah Chet Holmgren (Oklahoma City Thunder) dan Brandon Miller (Charlotte Hornets).

Baca juga: Daftar Finalis Penghargaan Individu NBA Musim 2023-2024

Wemby menjadi sorotan saat gim eksibisi Metropolitans 92 melawan NBA G League Ignite pada Oktober 2022 di Las Vegas, Nevada. Pertama kalinya bermain di hadapan publik Amerika Serikat, Wemby langsung membuat gempar. Ia bahkan mendapat julukan Alien dari LeBron James.

Tidak menyia-nyiakan peluang, Wemby langsung mengikuti NBA Draft 2023. Ia menjadi pilihan teratas oleh San Antonio Spurs. Wemby mengikuti jejak Tim Duncan dan David Robinson sebagai bakat istimewa Spurs.

Pada NBA musim 2023-2024, Wemby memenuhi ekspektasi. Pemuda berusia 20 tahun itu tampil dalam 71 gim, hanya absen 11 pertandingan. Pelatih Gregg Popovich masih “menahan” Wemby dibawah 30 menit per gim.

Tetapi Wemby tetap melejit dengan rata-rata 21,4 poin per gim. Ditambah 10,6 rebound dan 3,6 asis. Sudah layak untuk menyegel gelar sebagai ruki terbaik tahun ini. Belum lagi berbagai rekor langka yang ia torehkan sepanjang musim.

Tidak berhenti sampai disitu. Sebagai center, Wemby juga menjadi paket komplit. Ia memimpin liga dengan 254 blok dengan rata-rata 3,6 per gim. Wemby memenuhi syarat menjadi DPOY.

Dalam finalis DPOY, Wemby bersaing dengan kompatriotnya di timnas Prancis yaitu Rudy Gobert (Minnesota Timberwolves). Gobert telah tiga kali menjadi DPOY pada 2018, 2019, dan 2021. Finalis lainnya adalah Bam Adebayo (Miami Heat)

Jika menang, Wemby bisa menjadi ruki pertama yang menjadi DPOY. Selain itu, jika masuk dalam First Team All-Defense, Wemby akan menjadi ruki pertama. Pemain seperti Kareem Abdul-Jabbar, Hakeem Olajuwon, Manute Bol, David Robinson, dan Tim Duncan baru mendapatkannya di musim kedua. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar