IBL

Toronto Raptors memberikan kekalahan terbesar bagi Cleveland Cavaliers musim ini dalam laga yang digelar di Air Canada Centre, Toronto, Ontario, Kanada pagi ini, Jumat 12 Januari 2018. Meski bermain tanpa Kyle Lowry yang cedera serta Serge Ibaka yang terkena larangan bermain akibat keributan pada pertandingan sebelumnya, Raptors masih mampu menghempaskan Cavaliers dengan margin angka 34 poin. Skor akhir 133-99.

Tanpa dua pemain utama mereka, kepala pelatih Raptors, Dwayne Casey, sedikit mengubah susunan pemain utamanya. Delon Wright dan C.J. Miles mengisi kekosongan dua pemain tersebut, sementara OG Anunoby, Jonas Valanciunas, dan DeMar DeRozan masih menghiasi barisan utama Raptors.

Raptors tampil hampir tanpa cela pada pertandingan ini. Mereka memimpin laga sejak peluit awal ditiup hingga bel akhir laga berdering. Semua pemain mereka yang turun berlaga tampil kompak dan solid pagi ini.

Guard muda Fred VanVleet keluar sebagai top skor Raptors dengan 22 poin, 4 rebound, dan 4 asis. Miles menyusul dengan mencetak 16 poin dan 5 rebound, sementara bintang utama mereka, DeRozan, mencetak 13 poin dan 8 asis.

Kemenangan besar Raptors tak terlepas dari buruknya akurasi tembakan dan pertahanan Cavaliers. Akurasi total Cavaliers hanya menyentuh angka 38 persen sementara Raptors mencapai 50 persen. Dari segi pertahanan, Cavaliers tampil sangat ceroboh dalam mengantisipasi bola pantul (rebound). Terbukti, duo center Valanciunas dan Jakob Poeltl tampil leluasa di bawah ring. Keduanya membukukan catatan impresif dalam hal rebound dengan 18 untuk Valanciunas dan Poeltl 12. Total Raptors membukukan 65 rebound berbanding 35 dari Cavaliers.

Bagi Cavaliers, kekalahan ini menjadi kedua beruntun dan ketiga dalam empat laga tandang terakhir mereka. Bahkan di delapan laga terakhir, mereka menderita enam kekalahan. Bukan pencapaian yang bagus kala NBA makin mendekati playoff.

Buruknya penampilan Cavaliers sudah terlihat saat turun minum. Di dua kuarter awal mereka hanya mampu mencetak 40 poin sementara Raptors sudah menjauh dengan 65 poin. Cavaliers juga tidak berhasil memasukkan satu pun dari tujuh percobaan tiga angka mereka. Tembakan tripoin pertama yang masuk ke dalam ring Raptors berasal dari Jae Crowder saat kuarter ketiga berjalan tiga menit.

Salah satu bintang Cavaliers, Isaiah Thomas bahkan gagal memasukkan sepuluh percobaan tembakan pertamanya di pertandingan ini. Thomas mengakhiri laga dengan hanya 4 poin, 2 rebound, dan 3 asis dalam 13 persen tembakan masuk.

Laju Raptors terlalu kencang, hingga memasuki kuarter empat mereka sudah turun penuh dengan barisan cadangan mereka. Secara keseluruhan, cadangan Raptors mencetak 76 poin sementara barisan cadangan Cavaliers hanya 48 poin.

“Ini adalah kami di musim reguler, kami memiliki masa yang bagus dan masa yang tidak terlalu bagus. Ini adalah tahun keempat sejak saya kembali ke Cavaliers, dan memang seperti inilah kami,” Ujar LeBron James kepada ESPN seusai laga. James sendiri mencetak 26 poin, 3 rebound, dan 1 asis, sebuah catatan yang tampak tidak biasa dibukukan James.

Raptors akan menjalani laga selanjutnya pada hari Minggu esok. Mereka akan menjamu Golden State Warriors di Air Canada Centre. Sementara itu, Cavaliers akan bertamu ke kandang Indiana Pacers di hari Sabtu.

Foto: Getty Images 

Komentar