IBL

Perjalanan Minnesota Timberwolves di sisa musim reguler ini dipastikan tidak akan mudah. Selain akan menghadapi 12 dari 19 laga tersisa menghadapi tim dengan persentase kemenangan 50 persen atau lebih, Timberwolves juga dipastikan akan kehilangan satu pemain kunci mereka, Karl-Anthony Towns. 

Pemain yang akrab dengan akronim KAT ini mengalami robek di area lutut, lebih tepatnya meniskus yang membuatnya naik meja operasi. Tindakan ini membuat KAT akan menepi dan mendapatkan pengawasan sampai setidaknya satu bulan ke depan. Prediksi awal ia akan absen sampai 8 April. Namun, melihat laga terakhir musim reguler Timberwolves akan berakhir 14 April, besar kemungkinan Timberwolves akan menahan KAT sampai ronde pertama Playoff. 

Kehilangan KAT jelaa bukanlah hal mudah untuk Timberwolves. Sepanjang musim ini, KAT adalah top skor kedua Timberwolves, hanya kalah dari Anthony Edwards. KAT memiliki rataan 22,1 poin, 8,4 rebound, dan 3,0 asis per gim dari 60 gim ia berlaga. KAT baru absen dua gim di sepanjang musim ini. Keduanya memang berujung kemenangan, namun keduanya menghadapi tim terlemah Wilayah Barat, San Antonio Spurs. 
Situasi lebih genting lagi karena Timberwolves sampai sekarang belum mengamankan puncak klasemen Wilayah Barat. Rekor (44-19) tim asuhan Chris Finch ini masih berpotensi dikejar oleh 4-6 tim di bawahnya, Oklahoma City Thunder, Denver Nuggets, Los Angeles Clippers, bahkan New Orleans Pelicans dan Phoenix Suns. 

Kehilangan posisi teratas, apalagi empat besar bisa menjadi hal yang merusak perjalanan Playoff sebuah tim. Karena jika Timberwolves terlempar dari empat besar, mereka tidak akan punya keuntungan laga kandang dan sangat bisa mempengaruhi hasil akhir Timberwolves. Timberwolves hanya kalah delapan kali dari 31 gim kandang mereka sejauh ini. 

Tanpa KAT, ada beberapa opsi yang bisa dipilih Chris Finch dalam mengisi kekosongan ini. Mereka bisa turun dengan komposisi lebih kecil menggunakan Kyle Anderson, Luka Garza, dan T.J. Warren. Jika ingin mempertahankan komposisi tinggi, mereka akan menggunakan Naz Reid. 

Menarik melihat bagaimana absennya KAT akan mempengaruhi hasil akhir musim reguler Timberwolves. Jika mereka masih bisa bertahan di puncak klasemen, maka laju jauh di Playoff bisa jadi masuk akal. Sebaliknya, andai gagal, maka laju Playoff pun bisa sangat mungkin tidak jauh. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

 

Komentar