IBL

Bostons Celtics meraih kemenangan terbesar ketiga dalam sejarah tim. Mereka unggul dengan margin 51 poin melawan Golden State Warriors. Pertandingan yang berlangsung di TD Garden itu dimenangkan oleh Celtics dengan skor telak 140-88. Celtics pun tak terkalahkan dalam 11 gim beruntun.

Kemenangan terbesar Celtics diraih pada 8 Desember 2018 dengan keunggulan 56 poin. Mereka menekuk Chicago Bull 133-77. Kemenangan terbesar kedua dibukukan atas Sacramento Kings pada 25 Januari 2022 dengan skor 128-75.

“Rasanya luar biasa. Namun, pada saat yang sama tapi tetap rendah hati. Kami tidak menganggap remeh pertandingan ini dengan datang dan bermain-main. Itulah cara kami menunjukkan rasa hormat terhadap pertandingan. Kami menghormati Warriors tapi kami merasa saat ini waktunya kami menang,” kata Jaylen Brown usai pertandingan.

Celtics membuka jarak selepas empat menit pertama. Mereka menggempur Warriors dengan 53 tembakan (96 percobaan). Celtics luar biasa tajam dengan melesakkan tripoin 51 persen. Sebanyak 25 tripoin (49 percobaan) tepat sasaran. Setidaknya lima pemain Celtics mencetak paling sedikit 3 tripoin.

Jaylen Brown menjadi yang terbanyak dengan 5/10 tripoin. Brown mengumpulkan total 29 poin selama 22 menit ditambah 3 rebound dan 3 asis. Jayson Tatum menyusul dengan 27 poin, 3 rebound, dan 5 asis.

Derrick White berkontribusi atas 14 poin, 8 asis, dan 3 rebound. Ia dan Tatum sama-sama hanya meleset satu dari 5 tripoin. Dari bangku cadangan, Sam Hauser memberikan 12 poin dan 5 rebound. Payton Pritchard menyusul dengan 19 poin, 6 rebound, 6 asis, dan 2 steal.

Pertahanan rapat Celtics membuat Warriors hanya bisa memasukkan 36 tembakan (92 percobaan). Mereka juga menghalau 41 percobaan tripoin Warriors dengan hanya 9 tembakan yang membuahkan hasil.

Stephen Curry tak berkutik. Ia bahkan tidak bermain di paruh kedua dan hanya mencetak 4 poin. Sembilan tripoinnya tidak ada yang masuk. Lester Quinones menjadi yang terbanyak di Warriors dengan 17 poin dan 5 rebound. Disusul Moses Moody dengan 11 poin. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar