IBL

Sudah jadi rahasia umum bila Nike sering bekerja sama dengan musisi-musisi besar atau lebih tepatnya rapper. Bukan tanpa alasan, bagaimanapun genre musik asal Amerika Serikat itu punya daya tarik luar biasa. Hal tersebut tampak wajar karena lirik gamblang yang jadi ciri khas musik rap dan hip hop banyak menarik perhatian. Musik ini juga jadi penggambaran semangat perlawanan warga keturunan afrika-amerika yang tertindas sejak 1960-an karena kasus-kasus rasialisme.

Setelah menjalin dua tahun kerja sama dengan Reebok, akhirnya Kendrick “Kenny” Lamar memutuskan untuk berpindah haluan ke Nike. Ia mengumumkan hal itu pada 29 Agustus 2017 lalu via akun Instagram pribadinya. Di unggahan itu, ia menyantumkan tagar #teamcortez sebagai tanda ia berpindah haluan. Hal tersebut sekaligus mengindikasikan bahwa ia akan menggunakan siluet Nike Cortez sebagai bentuk kolaborasinya dengan Nike.

Bila Anda melihat kembali sejarah Nike Cortez, maka Anda akan menemukan korelasi Cortez dengan kota kelahiran Lamar di Compton, Amerika Serikat. Kabarnya, Anda bukan seorang “homeboy”, julukan anak gaul di sana, bila tak tergabung dengan salah satu geng.

Lamar menghabiskan masa mudanya dengan melihat geng-geng itu beradu gengsi di jalanan. Tiap geng di Compton punya warna khusus sebagai tanda masing-masing. Mereka pun sering menampilkannya di Nike Cortez milik mereka. Memori itu seakan jadi jawaban mengapa Lamar lebih memilih siluet ini.

Lamar sejatinya telah menggunakan prototip Nike Cortez Kenny pada 19 Desember 2017 lalu. Ia menggunakannya ketika menghadiri upacara penghormatan seragam milik Kobe Bryant di Staples Center. Ia kemudian mengunggah sepatu itu di akun Instagram pribadinya. Sayangnya, bukan itu yang bakal Nike rilis bersama Lamar.

Kemarin, Rabu 10 Januari 2018, Kendrick Lamar tampil menggunakan Nike Cortez berwarna putih. Ya, sepatu itu adalah sepatu kolaborasi pertama Nike dan Lamar yang dirilis ke publik. Ia menggunakannya ketika tampil di ajang kejuaraan nasional NCAA College Football.

Sepatu ini adalah bentuk rasa hormat dan syukurnya pada album keempat yang meraih sukses. Bertajuk “DAMN.”, album Kendrick Lamar terbaru ini mendapatkan sertifikat Platinum di empat negara serta Double Platinum di Amerika Serikat.

Sepatu ini menggunakan bahan canvas dengan sedikit tambahan kulit di bagian tumit. Satu ornamen yang paling kentara adalah tulisan “DAMN.” yang terletak di bagian samping luar sepatu menggantikan logo Nike.

Nike pun telah mengumumkan bahwa sepatu ini akan dirilis secara masal di aplikasi NIKE SNKRS dengan harga retail AS$100.

Untuk menaikkan rasa semangat Anda, mari kita simak lagu andalan Kendrick Lamar di album “DAMN.”. Lagu ini meraih peringkat pertama di daftar 100 Top Billboard 2017 serta masuk empat nominasi penghargaan Grammy. Tak hanya itu, video klip lagu berjudul “Humble” meraih enam penghargaan di ajang MTV Video Music Awards di tahun yang sama.

Sumber Foto: Nike, Billboard, Hip Hop News

Komentar