IBL

Rencana pensiun LeBron James merupakan salah satu teka-teki NBA saat ini. Hanya LeBron sendiri yang tahu. Sebelum itu terjadi, legenda hidup timnas putri AS dan WNBA, Sue Bird, menyarankan agar LeBron mengumumkan rencana pensiun. Hal ini agar para penggemar memiliki kesempatan untuk mengucapkan perpisahan kepada Sang Raja.

“Ketika saya melihat ke belakang, saya masih memiliki kenangan yang sangat sangat menyenangkan. Itu memang tidak akan mengubah apapun. Saya sangat senang saat mengumumkan pensiun dan merasakan tur perpisahan,” kata Sue dalam Sports Media with Richard Deitsch.

“Saya sebenarnya anti melakukan acara semacam itu. Pada suatu titik beberapa tahun yang lalu, saya menjadi tertarik untuk mengalaminya. Satu-satunya penyesalan adalah mengakhiri musim dengan kekalahan,” kata mantan pemain Seattle Storm itu.

Sue gantung sepatu pada Juni 2022 atau setelah musim WNBA 2022 berakhir. Sayangnya, ia tidak mengalami momen yang cukup indah. Perjalanan Storm berakhir di semifinal WNBA 2022 usai kalah 1-3 dari Las Vegas Aces.

Sue mengakhiri karier selama dua dekade bersama Storm di WNBA. Pemain dari University of Connecticut itu mengoleksi 4 cincin juara plus satu Commissioner’s Cup, 13 kali All-Star, lima emas Olimpiade, dan empat kali juara dunia. Nomor jersey 10 miliknya juga telah dipensiunkan oleh Storm.

Ia menjadi salah satu dari pemain putri terhebat pada masanya. Sue juga merekomendasikan hal sama kepada Diana Taurasi, yang masih aktif bermain pada musim ke-19 bersama Phoenix Mercury.

“Karena saya menyadari beberapa hal. Pertama tentang penggemar. Mereka bisa mengucapkan selamat tinggal kepada Anda. Saya tidak tahu apakah saya membutuhkan perhatian itu. Tetapi Anda harus melihat lebih dalam bahwa ini akan bermakna bagi banyak orang,” kata perempuan berusia 43 tahun itu.

Memang tidak semua pemain mengumumkan rencana pensiun. Tim Duncan salah satunya. baru mengucapkan selamat tinggal setelah San Antonio Spurs kalah di babak playoff 2015-2016.

Lain halnya dengan Kobe Bryant. Ia menjadi pemain yang mendapatkan seremonial yang luar biasa dari Los Angeles Lakers sebelum meninggalkan panggung NBA. Begitu juga dengan Kareem Abdul-Jabbar.

Sedangkan LeBron sendiri telah memasuki musim ke-21 dan masuk All-Star ke-20, terbanyak dari pemain manapun. Tetapi LeBron belum menunjukkan tanda-tanda berhenti dalam waktu dekat ini. Ia masih ingin bermain satu tim dengan putra sulungnya, Bronny James, yang rencananya akan mengikuti NBA Draft 2024.

Dengan berbagai capaian, rekor,  serta statusnya sebagai ikon NBA, LeBron memang layak untuk mendapat seremonial sebelum menutup karier. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar