IBL

LeBron James sangat benci kegagalan. Apalagi kegagalan tersebut disebabkan masalah internal dalam tim. LeBron dikabarkan frustasi dengan Anthony Davis yang rawan cedera dan kurang tangguh di bawah ring. Namun kabar ini segera dibantah, dengan berita bahwa LeBron hanya kesal dengan situasi di Lakers saat ini. 

Berita tentang LeBron James yang kecewa dengan Anthony Davis disiarkan oleh Zach Gelb dari CBS Sports Radio. Kabar tak sedap tersebut sempat menggemparkan tim Lakers. Namun pada akhirnya ada klarifikasi yang disampaikan oleh Mark Medina dari Sportsnaut. Menurutnya, LeBron hanya kesal dengan situasi Lakers saat ini. 

Memang LeBron kesal dengan keadaan yang tidak diprediksi seperti cedera. Apalagi cedera tersebut dialami oleh Anthony Davis. Karena LeBron meyakini bahwa peluang Lakers mendapatkan gelar juara NBA akan ditentukan oleh seberapa baik Lakers membangun tim untuk mendukung dirinya dan Davis. Tetapi kalau Davis sendiri tidak maksimal, semua yang dilakukan Lakers akan sia-sia. 

"LeBron James hanya kesar dengan berbagai masalah yang dialami Davis. Karena itu sangat bertentangan dengan apa yang dia mimpikan selama ini. Di mana Lakers bisa kompetitif bila dia dan Davis tetap sehat sepanjang musim," jelas Medina. "LeBron tidak frustasi dengan AD. LeBron malah berharap dia bisa bermain dan tetap sehat di musim depan."

Anthony Davis masuk dalam daftar lima pemain bertahan terbaik di liga. Bahkan dia terlihat lebih baik dari Jared Jackson Jr., yang berhasil merebut gelar Defensive Player of The Year 2023. Khususnya terlihat saat Lakers menghadapi Memphis Grizzlies di playoff 2023. Masalahnya adalah konsistensi. Karena terkadang Davis bisa menjadi pemain yang sama sekali tidak memiliki kontribusi dalam tim. 

Davis rata-rata mencetak 25,9 poin, 12,5 rebound, dan 2,0 blok per pertandingan di NBA 2022-2023. Kemudian di babak playoffs, penampilannya meningkat jadi 14,1 rebound dan 3,1 blok per pertandingan. Namun rata-rata poinya turun jadi 22,6 poin per gim. Alasan turunnya rata-rata poin tersebut karena Davis dikenal sebagai pemain yang pilih-pilih gim. 

Dia seharusnya mengambil peran lebih besar di Lakers. Tetapi kenyataannya Davis tidak pernah mau menjadi tokoh utama di Lakers. Masalah konsistensi dalam permainan, dan cedera yang membuat Davis absen, menurunkan ritme permainannya. Ini yang menyebabkan berita-berita negatif muncul. Selain berkaitan dengan LeBron James, rumornya Davis ada dalam daftar perdagangan Lakers. 

Davis, ketika dia bermain sesuai potensinya, adalah salah satu yang terbaik di NBA. Davis akan mampu menghadapi pemain seperti Nikola Jokic, Giannis Antetokounmpo, dan Joel Embiid. Jadi seperti yang LeBron katakan, bahwa dirinya berharap Davis tetap konsisten dan sehat sepanjang musim 2023-24. (*)

Foto: sportscasting.com

Komentar