IBL

Nikola Jokic tak terhentikan di Ball Arena, Denver. Ia membawa tuan rumah Denver Nuggets menghabisi Washington Wizards 130-110. Dalam gim itu, Jokic membukukan tripel-dobel ke-16 musim ini.

“Setelah saya menyelesaikan karier ini, catatan tersebut menjadi warisan dan tonggak sejarah. Saya akan melihat ke belakang dan mengatakan bahwa catatan itu sangat keren untuk dilakukan,” kata pemain asal Serbia itu.

Dalam pertandingan tersebut, Jokis bermain selama 31 menit. Ia mencetak 21 poin, 19 rebound, dan 15 asis. Jokic juga sempurna. Ia tidak meleset dalam 10 tembakan. Hanya gagal dalam 1/2 tembakan gratis. Nuggets mencatat keseluruhan dengan akurasi 55,4 persen dari 56 tembakan (101 percobaan).

“Yang membuatnya unik adalah dia bisa melakukan semuanya di area yang berbeda. Beberapa pemain pencetak poin yang hebat. Tapi Nikola bisa mencetak poin, rebound, dan melakukan play-make. Serta memberi pengaruh ke permainan. Itulah definisi dari kehebatan,” puji Michael Malone, pelatih Nuggets.

Jokic menjadi pemain ketiga yang telah mencetak tripel-dobel ke semua lawan di liga. Dua pemain lain dengan catatan serupa adalah LeBron James dan Russell Westbrook. Untuk tripel-dobel musim ini, Jokic berada di urutan kedua terbanyak setelah Domantas Sabonis (19).

Secara keseluruhan, Jokic berada di posisi keempat tripel-dobel terbanyak liga. MVP dua kali itu mengoleksi 120 tripel-dobel sepanjang kariernya. Rekor tripel-dobel NBA saat ini dipegang oleh Russell Westbrook dengan 198.

Sementara posisi kedua dan ketiga dimiliki oleh legenda Oscar Robertson (181) dan Magic Johnson (138). Disusul LeBron James di posisi kelima dengan 120 tripel-dobel. Domantas Sabonis yang sedang panas berada di posisi ke-11 dengan 50 tripel-dobel.

Jokic memiliki kesempatan untuk bersaing dengan Westbrook. Jarak nya memang masih cukup jauh. Mereka terpaut 318 tripel-dobel. Rekor paling dekat milik Johnson. Jokic hanya memerlukan 18 tripel-dobel lagi untuk masuk tiga besar.

Sejak masuk NBA pada 2015, catatan tripel-dobel Jokic terus bertambah. Saat menjadi MVP 2021-2022, Jokic memiliki 19 tripel-dobel. Puncaknya musim lalu saat ia membukukan 29 tripel-dobel di musim reguler. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar