IBL

Hanya berjarak setahun setelah raihan bersejarah LeBron James sebagai pencetak poin terbanyak NBA sepanjang masa. Catatan poinnya terus bertambah. LeBron bisa mencapai “keabadian” karena ia hanya membutuhkan 132 poin lagi untuk mencapai 40 ribu poin musim reguler. Angka yang mungkin akan sulit dicapai pemain lain di masa depan.

Saat ini LeBron telah mengumpulkan 39,868 poin. Berdasarkan rata-rata poinnya saat ini dengan 27,2 poin per gim, angka 40 ribu itu bisa tercapai bulan ini. Pada bulan Februari ini, Lakers menyisakan lima gim.

Masing-masing gim itu melawan Golden State Warriors (22/2) di Chase Center, San Francisco. Berikutnya Lakers menggelar gim kandang. Mereka berhadapan dengan San Antonio Spurs (23/2). Lalu bertandang ke Phoenix Suns (25/2). Kembali lagi ke Crypto.com Arena melawan Clippers (28/2) dan menjamu Washington Wizards (29/2).

Baca juga: Jawaban LeBron James Tentang Penggantinya Sebagai Ikon NBA

Katakanlah LeBron mencetak 27 poin per gim dalam dan tidak absen, ia bisa menyentuh angka 40 ribu poin pada 29 Februari 2024 saat melawan Wizards di Crypto.com Arena. Momen bersejarah itu tentu akan lebih semarak jika gim di Los Angeles.

Sayangnya, LeBron akan absen saat melawan Warriors karena cedera pergelangan kaki. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Lakers pada Rabu (21/1) waktu setempat. LeBron bermain selama 31 menit saat mengalahkankan Detroit Pistons 125-111. Ia menyumbang 25 poin sebelum istirahat karena cedera pergelangan kaki.

Pada gim berikutnya dalam kemenangan 138-122 dari Utah Jazz sebelum jeda All-Star, LeBron absen. Tetapi ia sempat tampil di NBA All-Star Game 2024 yang menjadi partisipasi ke-20.

Selain rekor poin terbanyak sepanjang masa NBA, LeBron juga bisa menjadi pemain dengan poin terbanyak di dunia. Rekor itu dipegang oleh Oscar Schmidt dengan 49,737 poin. Pemain dari Brazil itu bahkan tidak pernah berlaga di NBA.

Secara keseluruhan, usai mencetak 8 poin di NBA All-Star Game 2024, LeBron mencatat 49,480 poin dari musim reguler, playoff, play-in, All-Star, hingga event internasional. Terpaut 458 dari Schmidt.

Lebron juga menyentuh 10 besar statistik lainnya. Ia menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak kedua (55,803 menit) setelah Kareem Abdul-Jabbar dengan 57,446 menit. Selain itu, LeBron urutan keempat asis terbanyak, kedelapan steal, dan ketujuh jumlah gim. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar