IBL

LeBron James mencapai keabadian. Ia menjadi pemain pertama NBA yang mencapai 40 ribu poin. Jumlah yang mungkin mustahil dicapai pemain di masa mendatang. Sebab, syaratnya cukup sulit. Pemain tersebut harus konsisten dan tidak cedera parah selama dua dekade.

Darius Soriano dalam podcast Laker Film Room mengungkapkan seorang pemain memerlukan setidaknya 24,4 poin per gim dalam satu musim. Artinya ia bermain selama 82 gim selama 20 tahun untuk bisa mengumpulkan 40 ribu poin. “Sejujurnya ini adalah hal yang tidak bisa diukur,” ujar Soriano dilansir melalui Sport Illustrated.

Tidak ada pemain yang memenuhi kriteria Soriano pada tahun ini. Pemain terakhir yang rata-rata mencetak 24,4 poin dalam 82 gim adalah Bradley Beal saat menjadi pemain Washington Wizards dan garda Charlotte Hornets Kemba Walker pada 2019. Saat itu mereka meraih rata-rata 25,6 poin. Nah, capain itu perlu diulang 19 musim lagi untuk menyamai LeBron.

Baca juga: Kemenangan Nuggets Merusak Momen 40 Ribu Poin LeBron James

Disisi lain, pemain aktif dengan poin terbanyak kedua adalah Kevin Durant. Tetapi KD “hanya” mencapai 28,372 poin. Disusul James harden dengan 25,628 poin, Russell Westbrook 25,098 poin, dan Stephen Curry 23,254 poin.

Setelah kekalahan 114-124 dari Denver Nuggets, LeBron telah mencatat 40,017 poin. Ia telah bermain dalam 1,475 gim yang terbagi dalam 21 musim. Jumlah itu akan terus bertambah. Sebab, LeBron belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa.

Memasuki usia ke-39 tahun dan menjadi pemain tertua di NBA, LeBron masih bersaing di level tertinggi. Dalam 53 gim musim ini, ia memiliki rata-rata 25,3 poin, 7,1 rebound, dan 7,9 gim dengan 35 menit bermain. Sementara itu untuk rataan kariernya, LeBron mencatat 27,1 poin per gim.

“Belum ada seseorang pun yang pernah melakukannya. Bagi saya, ini cukup keren. Apakah ini raihan teratas dalam karier saya? Bukan. Tetapi ini sangat berarti. Ini adalah impian saya untuk mencapai banyak hal di liga ini dengan pera pemain terhebat. Mencapai prestasi dan tonggak sejarah memiliki arti bagi saya,” kata LeBron usai mencapai 40 ribu poin. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar