IBL

Garda Chicago Bulls Lonzo Ball absen sepanjang musim 2023-2024. Dia juga sudah tidak bermain lebih dari dua tahun sejak cedera. Artinya, ketika Lonzo kembali ke NBA nanti, dia sudah tiga tahun tidak pernah mengenakan seragam Bulls dalam pertandingan resmi liga. Sehingga Lonzo diragukan kembali seperti semula. 

Penulis NBA untuk Chicago Bulls, Sam Smith, menulis masih ada harapan besar untuk masa depan Ball di liga. Namun, ada juga kekhawatiran mengenai kemampuannya untuk kembali bermain di level tinggi setelah sekian lama absen. 

Sejak cedera lututnya pada Januari 2022, Lonzo menjalani tiga operasi lutut, yang terakhir adalah prosedur transplantasi tulang rawan tahun lalu. Meskipun dia sudah bisa berlari dan melompat bulan lalu, dia belum melakukannya sehingga menimbulkan keraguan tentang kesiapannya untuk musim depan.

"Saya tidak optimis dengan Ball, meski kami semua berharap dia bisa bermain lagi. Tapi kami tidak mengharapkan dia kembali ke level permainan tinggi setelah tidak bermain selama tiga tahun," tulis Smith dalam artikel terbarunya.

Menurut Smith, kisah Lonzo ini hampir sama dengan Grant Hill. Sempat dianggap sebagai pemain terbaik yang masuk NBA setelah Michael Jordan, karier Hill tergelincir karena cedera pergelangan kaki yang parah. Hill hanya bermain 47 pertandingan dari tahun 2000 hingga 2003. Hll kemudian melewatkan musim 2003-2004, dan kembali lagi ke NBA. 

"Saya yakin dia (Lonzo Ball) akan bermain di NBA lagi, tapi sepertinya tidak akan melihatnya seperti dia di tahun 2020. Grant Hill membutuhkan waktu beberapa tahun dan perubahan tim untuk akhirnya kembali ke NBA, membantu tim setelah absen beberapa musim. Dan, dengan tim yang berbeda," imbuh Smith.

Lonzo masih punya sisa kontrak dengan Bulls hingga tahun 2025 bersama Bulls. Namun sampai sekarang belum jelas apakah Bulls akan tetap mempertahankan kontrak Lonzo tersebut. Karena mereka juga sedang kurang bagus, dan dekat dengan isu perombakan roster. (*)

Foto: Blazers Edge

Komentar