IBL

Lonzo Ball diperkirakan akan melewatkan seluruh musim NBA 2023-2024. Dengan alasan tersebut, maka Chicago Bulls dilaporkan telah mengajukan penyesuaian gaji pemain cedera senilai 10,2 juta dolar Amerika Serikat. Balls sudah tidak bermain sejak bulan Januari 2022 setelah mengalami robekan meniskus. Dia menjalani tiga operasi sejauh ini.

Sekadar informasi, kalau Lonzo Ball akan menerima gaji senilai 20,4 juta dolar di tahun 2023-2024. Sementara NBA menetapkan aturan, klub bisa membayar separuh gaji pemain bila pemain tersebut absen selama satu musim karena cedera. Dikutip dari laporan Shams Charania, manajemen Bulls sudah mengajukan penyesuain gaji Lonzo Ball kepada liga. 

Aturan ini dinamakan DPE (Disable Player Exception). Pengecualian pemain yang dinonaktifkan diterapkan ketika sebuah tim kehilangan pemain karena cedera sepanjang musim. NBA menilai situasinya dan memberikan pengecualian. Dalam DPE, tim dapat membuat penyesuaian senilai setengah dari gaji pemain yang cedera untuk musim itu. Misalnya, Lonzo Ball akan menghasilkan 20,4 juta dolar tahun ini, sehingga Chicago Bulls berhak membuat pengecualian 10,2 juta dolar.

Ball memainkan pertandingan terakhirnya pada 14 Januari 2022 dan telah menjalani tiga operasi lutut sejak saat itu. Pemain berusia 25 tahun itu rata-rata mencetak 13 poin, 5,1 asis, dan 5,4 rebound selama 35 pertandingan di musim 2021-2022. Terakhir operasi transplantasi tulang rawan yang dilakukan pada bulan Maret 2023, diharapkan menjadi operasi terakhir yang akan menghidupkan kembali karier Lonzo Ball.

Jika liga menyetujui permintaan ini, Bulls berpotensi menggunakan pengecualian untuk mendapatkan pemain baru. Ini adalah langkah penting bagi pasukan Bulls yang secara historis pelit dalam hal batas gaji dan pajak barang mewah. Sepanjang sejarah klub, Bulls hanya sekali membayar pajak barang mewah sebagai kelebihan gaji pemain. 

Bulls meningkatkan kedalaman pertahanan dengan Lonzo Ball masih absen. Mereka mengikat garda veteran Jevon Carter dengan kontrak tiga tahun senilai 20 juta dolar. Bulls juga diharapkan untuk memperpanjang kontrak Ayo Dosunmu, yang menggantikan peran Lonzo Ball. Sementara itu, Bulls telah menandatangani kembali Coby White dengan kontrak tiga tahun senilai 40 juta dolar. Terakhir, mereka masih memiliki Alex Caruso dalam roster. (*)

Foto: Sports Mockery

Komentar