IBL

Pada 14 Maret mendatang, Stephen Curry genap berusia 36 tahun. Memang, dalam olahraga modern ini usia bukan lagi menjadi batas kemampuan atlet. Sebagai salah satu veteran NBA saat ini, Stephen Curry tidak memungkiri bahwa suatu saat ia juga akan gantung sepatu. Bintang Golden State Warriors itu angkat bicara soal pensiun di sela-sela NBA All-Star Game 2024.

“Saya memikirkannya (pensiun) sepanjang waktu. Tetapi saya berhenti memikirkannya karena saya harus bersiap di pertandingan berikutnya. Ada rutinitas dan siklus yang saya jalani saat ini,” kata MVP dua kali tersebut.

Curry memasuki musim ke-15 bersama Warriors. Raihan kariernya juga hampir lengkap. Ia sudah empat kali juara NBA. Jadi MVP back to back pada 2015 dan 2016. Lalu MVP Final 2022. Dua kali juara dunia. Hanya emas Olimpiade yang belum dapat. Kemungkinan koleksi itu akan lengkap di Olimpiade Paris 2024 nanti karena Curry sudah menyatakan kesediaannya untuk tampil dengan timnas AS.

Pernyataan pemain dari Davidson College itu memang masih mengambang. Curry belum menentukan kapan ia akan berhenti sebagai atlet. Sebab, ia merasa masih cukup kuat untuk bersaing.

“Pada akhirnya, saya akan sampai pada titik dimana saya akan bangun. Saya akan merasakan apapun dalam tubuh dan pikiran saya bahwa ini sudah waktunya. Tetapi saya merasa saya belum mendekati titik itu,” ujar Curry.

Tidak diragukan lagi Curry masih bisa bersaing di level tertinggi. Saat ini ia memiliki rata-rata 28 poin, 4,4 rebound, dan 5,0 asis per gim. Curry mencatat akurasi 42,1 poin dari jarak jauh. Baru-baru ini Curry merebut gelar penembak terbaik di liga usai kemenangan atas Sabrina Ionescu.

Jangankan Curry. LeBron James yang menjadi pemain aktif tertua NBA saja masih belum ingin pensiun. LeBron berusia 39 tahun dan sudah mengoleksi 20 penampilan All-Star. Performa tetap stabil. Pemain Los Angeles Lakers itu juga akan bergabung dengan Curry di Olimpiade Paris 2024. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar