IBL

Timnas putra memulai pemusatan latihan (TC) untuk windows pertama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Latihan yang semula dijadwalkan di GBK Arena, Jakarta itu dipindah ke GOR Soemantri Brodjonegoro. Ada 14 pemain yang hadir di hari pertama latihan.

Baca juga: Daftar Pemain Jelang Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025, Rata-rata Usia 23 Tahun

Manajer Timnas Rony Gunawan menjelaskan lima pemain yang absen itu hampir pasti tidak akan masuk roster. Sebagian besar dari mereka tidak mengikuti TC karena cedera. “Coach Milos (Pejic) belum memutuskan apakah bakal panggil pengganti atau tidak,” ujarnya di sela-sela latihan pada Selasa (6/2) itu.

Yudha Saputera dipastikan mundur dari daftar karena menjalani operasi amandel. Kelvin Sanjaya sedang cedera bahu. Pandu Wiguna mengalami masalah di lutut. Status Pandu masih menunggu hasil MRI.

Anthony Beane Jr. tidak bisa mengikuti TC. Dari penjelasan Rogun (sapaan akrab Rony Gunawan), Beane ada urusan di Amerika Serikat. Kemudian Adrien Chalias belum bisa hadir karena masih perjalanan dari Prancis.

Baca juga:Pemanggilan TC Timnas Putra Indonesia yang Semakin Tak Berdasar

Dari 19 pemain yang dipanggil TC ini, rata-rata berusia 23 tahun. Ada dua pemain berusia di atas 30 tahun. Mereka adalah Lester Prosper (35 tahun) dan Kaleb Ramot Gemilang (32 tahun). Termuda adalah Matthew Lingga yang berusia 18 tahun.

Indonesia masuk Grup A di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Mereka bersaing dengan juara bertahan Australia, Korea Selatan, dan Thailand. Dalam windows pertama, Indonesia bertandang ke Thailand pada 22 Februari 2024. Kemudian menjamu Australia pada 25 Februari 2024.

Pergantian pemain memang menunggu keputusan Coach Milos. Kalau pun nanti ada pengganti, mereka akan mengambil dari long list. Total ada 24 pemain yang masuk longlist. Selain 19 pemain yang dipanggil TC, pemain yang masuk longlist adalah Abraham Damar Grahita, Nickson Gosal, Marques Bolden, Aven Ryan, dan Agus Salim.

“Nanti November kami punya waktu lebih banyak ya. Apalagi lisa selesai Julia tau Agustus. Jadi, ada waktu yang lumayan panjang untuk persiapan,” kata mantan pemain Satria Muda Pertamina Jakarta itu. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar