IBL

Timnas Indonesia memiliki agenda untuk mengikuti Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 bulan ini. PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) mengumumkan 19 pemain yang mengikuti pemusatan latihan. Nantinya akan dipilih 12 pemain untuk menjalani windows pertama pada 22-25 Februari 2024. Pelatnas berlangsung mulai Senin (5/2) di GBK Arena, Jakarta.

Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Satria Muda menjadi penyuplai pemain paling banyak. Pelita Jaya mengirimkan delapan pemain. Sedangkan Satria Muda ada empat pemain. Disusul Dewa United Banten dua pemain dan Prawira Harum Bandung masing-masing tiga pemain. Serta Rans Simba Bogor satu pemain dan satu lagi tanpa klub. Dia adalah Matthew Lingga dari Jawa Barat.

Sebagian besar pemain merupakan eks Asian Games 2022 Hangzhou, Pre-Olympic Qualifiers, atau pernah mengikuti ajang besar lainnya. Sisanya adalah pemain pernah dipanggil dalam beberapa kali pemusatan latihan. Seperti Daniel Salamena dan Julian Chalias.

Dari daftar pemain itu mayoritas merupakan pemain muda. Rata-rata usia mereka 23 tahun. Lester menjadi pemain yang paling tua dalam daftar tersebut dengan 35 tahun. Disusul Kaleb Ramot Gemilang dengan 32 tahun. Sedangkan ada Adrian Chalias, yang merupakan adik Julien, masih berusia 19 tahun. Matthew sendiri menjadi yang termuda dengan usia 18 tahun.

Dari susunan pelatih sendiri masih sama. Ada Milos Pejic sebagai pelatih kepala. Ia dibantu asisten pelatih Johannis Winar dan Ismael. Pergantian terjadi di manajer. Kini posisi tersebut diisi oleh Rony Gunawan.

“Semoga pemain-pemain terutama yang usia muda bisa memaksimalkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan event ini bisa menjadi ajang untuk mengukur sampai mana skill mereka di event internasional. Kemudian bisa muncul pemain yang step up untuk dikombinasikan dengan pemain berpengalaman,” kata Ronny dalam keterangan resminya.

Dalam Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025, Indonesia masuk Grup A bersama Australia, Korea Selatan, dan Thailand. Indonesia menjalankan dua gim di windows pertama. Mereka akan bertandang ke Thailand pada 22 Februari 2024. Kemudian menjamu Australia pada 25 Februari 2024. (rag)

 

Daftar Pemain:

Aldy Izzatur Rachman (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), 23 tahun

Ali Bagir Alhadar (Satria Muda Pertamina Jakarta), 23 tahun

Hendrick Xavi Yonga (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), 21 tahun

Yesaya Saudale (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), 23 tahun

Kaleb Ramot Gemilang (Dewa United Banten), 32 tahun

Reza Guntara (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), 27 tahun

Yudha Saputera (Prawira Harum Bandung), 25 tahun

Widyanta Putra Teja (Satria Muda Pertamina Jakarta), 26 tahun

Vincent Kosasih (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), 27 tahun

Daniel Salamena (Rans Simba Bogor), 20 tahun

Agassi Goantara (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), 24 tahun

M. Arighi Hadran Noor (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), 24 tahun

Julian Chalias (Satria Muda Pertamina Jakarta), 21 tahun

Adrien Chalias (Satria Muda Pertamina Jakarta), 19 tahun

Pandu Wiguna (Prawira Harum Bandung), 28 tahun

Kelvin Sanjaya (Prawira Harum Bandung), 23 tahun

Anthony Beane Jr. (Pelita Jaya Bakrie Jakarta), 29 tahun

Lester Prosper (Dewa United Banten), 35 tahun

Matthew Lingga (Jawa Barat)

 

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar