IBL

Doc Rivers akhirnya kembali ke pinggir lapangan. Setelah dipecat oleh Philadelphia 76ers dan sempat menjadi analis NBA, Rivers mendapat pekerjaannya lagi sebagai pelatih. Tetapi debutnya sebagai pelatih baru Milwaukee Bucks tidak mulus. Mereka kalah dari Denver Nuggets 107-113 di Ball Arena.

Rivers paham tugas barunya tidak akan mudah. Apalagi ia masuk pada pertengahan musim. Ini merupakan pertama kalinya Rivers masuk di tengah musim selama 25 tahun berkarier sebagai pelatih. Rivers menjadi pengganti pelatih Adrian Griffin.

Belum lagi Bucks mengusung target tinggi musim ini. Griffin yang membawa Bucks menjadi unggulan kedua saja dipecat. Belum lagi kisah serupa yang terjadi pada Mike Budenholzer, yang mengantar Bucks menjuarai NBA pada 2021.

“Ini akan membutuhkan waktu sebenar. Saya mencoba melakukan perlahan dengan menyesuaikan diri dengan tim ini. Ada hal yang tidak ingin Anda lakukan dan kami khawatir malah akan membuat jadi tidak berdaya. Jadi, ini akan memakan waktu,” kata Rivers dilansir melalui ESPN.

Baca juga: Jokic dan Nuggets Terlalu Tangguh untuk Debut Doc Rivers bersama Bucks

Nuggets juga mencoreng laga debut Rivers. Kekalahan tersebut menjadi yang pertama kalinya dialami Rivers dalam debutnya memimpin lima tim NBA. Sebelumnya Rivers pernah menjadi pelatih Magic (1999-2003), Celtics (2004-2013), Clippers (2012-2020), dan Sixers (2020-2023).

Kedatangan Rivers diharapkan bisa memperbaiki lini pertahanan mereka. Poin tersebut terlihat menjanjikan setidaknya dari gim pertama ini. Bucks menahan salah satu tim paling produktif di liga dengan 113 poin. Mereka juga membuat Nikola Jokic hanya membuat 10/25 tembakan. Meski Jokic tetap tripel-dobel dan Jamal Murray melesat dengan 35 poin.

Bucks merupakan tim peringkat ke-24 dalam hal defensive efficiency. Sekarang Bucks berusaha membuktikan bahwa mereka tidak hanya produktif tapi juga bisa bermain bertahan.

“Saya berkata kepada pemain bahwa siapapun yang bilang mereka tidak bisa defense itu adalah bohong. Mereka membuktikannya malam ini. Half-court defense kami sangat bagus. Saya pikir malam ini adalah kekalahan secara ofensif. Saya tidak berpikir tajam dalam menyerang,” ujar pria bernama lengkap Glenn Anton Rivers itu.

Bucks akan menjalani gim terakhir bulan ini dengan bertanding ke Moda Center melawan Portland Trail Blazers. (rag)

Foto: Bart Young/NBAE via Getty Images

Komentar