IBL

Pada saat Los Angeles Lakers menang 145-144 atas Golden State Warriors melalui dua kali overtime, D'Angelo Russell menendang bola ke tribun penonton. Karena aksi tersebut NBA menurunkan saksi denda untuk Russell, sebesar 15 ribu dolar Amerika atau setara dengan 237 juta rupiah. 

Russell terlihat menendang bola ke tribun saat bel terakhir berbunyi tentang kemenangan tandang LA di Chase Center, sebuah pelanggaran terhadap peraturan liga. Begitu bunyi keputusan liga terhadap Russell. 

Saat Stephen Curry mencoba melepaskan satu tembakan terakhir untuk mencoba memenangkan pertandingan Warriors dengan 3/4 court heave, bel berbunyi saat bola melonjak di udara. Russell berjalan ke lapangan setelah permainan selesai dan menendang bola, menyebabkan bola kembali beberapa baris ke tribun. 

Russell mencetak 28 poin, 5 asis, 3 rebound, 2 steal, dan 1 blok untuk Lakers. Tentu saja dia merasa emosional dengan kemenangan tersebut. Karena dalam enam pertandingan terakhir Russell, dia mencetak rata-rata 27,8 poin dengan 52 persen tembakan dari lapangan dan 57,4 persen dari tripoin. 

Russell bermain sangat baik sehingga manajemen Lakers mungkin akan mengurungkan niat untuk menukarnya dengan pemain lain. Karena sebelumnya ada kabar kalau Russell akan ditukar dengan garda Hawks Dejounte Murray.

Kaitannya dengan denda, Kyrie Irving pernah didenda 25 ribu dolar Amerika pada tahun 2018 karena melemparkan bola ke tribun. Denda tersebut mungkin lebih besar, pasalnya Irving membuang bola karena frustrasi menyusul kekalahan Celtics dari Nuggets. Apa pun alasan di balik keputusan Russell untuk menendang bola setelah kemenangan Lakers, liga jelas tidak melihatnya dari sudut pandang yang cukup buruk untuk memberinya denda yang lebih besar dibandingkan dengan Irving. (*)

Foto: USA Today

Komentar