IBL

Nike selalu merilis versi baru dari Air Jordan. Merek-merek mewah seperti Louis Vuitton dan Celine telah menawarkan siluet sporty mereka sendiri. Tapi jika ada yang mendapat pujian karena membuat kita ingin memakai sepatu tebal, dia adalah Adidas. Sampai sekarang ada salah satu siluet sepatu Adidas yang belum bisa disaingi oleh Nike. 

Percaya atau tidak, merek pakaian olahraga Jerman ini jauh lebih unggul dari pesaingnya di Amerika dalam mempopulerkan sepatu basket. Hal ini terjadi pada Adidas Forum, yang memiliki basis penggemar yang beragam, mulai dari rapper seperti Bad Bunny dan ASAP Rocky, hingga bintang K-Pop seperti Lisa dari Blackpink, hingga supermodel Bella Hadid dan Kendall Jenner. Namun, dukungan paling signifikan terhadap sepatu tersebut datang dari seorang pemain bola basket bernama Michael Jordan, sebelum ia menandatangani kontrak dengan Nike.

Bola basket sangat populer di tahun 80-an. Lapangan tersebut tidak hanya didominasi oleh legenda NBA seperti Larry Bird dan Magic Johnson, tetapi juga memberikan ruang bagi legenda lainnya.

Pada saat itu, Adidas sudah memiliki sepatu basket khasnya bernama Top Ten, yang dirilis pada tahun 1979 dan dikenakan pada sepuluh pemain NBA teratas. Namun desainer alas kaki Adidas, Jacques Chassaing, bertekad untuk menciptakan sepasang sepatu basket yang lebih baik lagi. Dia menghabiskan waktu berbulan-bulan mengamati para atlet melalui permainan dan latihan. Apa yang dia hasilkan adalah Forum Adidas.

Meskipun meminjam elemen sepatu Adidas lainnya seperti Concord dan Americana, Forum menonjol dengan fitur-fitur inovatifnya, seperti Sistem Pergelangan Kaki Criss-Cross, yang mencegah cedera kaki, serta Dellinger Web yang dipatenkan, jaring nilon di sekitar midsole yang dirancang untuk menyerap segala jenis guncangan. Sepatu tersebut juga terlihat mewah berkat upper berbahan kulit dan strap berbahan kulit. Ketika Adidas meluncurkan Forum pada tahun 1984, merek pakaian olahraga tersebut dengan ambisius menyebutnya sebagai sepatu basket terhebat saat itu. 

Tentu saja, hal ini terjadi sebelum bintang bola basket berusia 21 tahun itu menandatangani kesepakatan dengan Nike, yang akan membuatkan sepatu ikonik Air Jordan untuknya. Namun perlu dicatat bahwa Jordan akan terus memakai sepatu Adidas di lapangan sepanjang karier olahraganya.

Sedangkan untuk Forum, Adidas pada akhirnya meluncurkan sepatu versi rendah dan menengah untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Selama bertahun-tahun, popularitas merek tersebut akan mereda, dengan gaya Adidas lainnya seperti Samba dan Superstar yang diutamakan.

Kembalinya Adidas Forum

Pada tahun 2020, Adidas menghidupkan kembali sepatu basket revolusionernya di bawah lini Adidas Originals, dan dengan waktu yang tepat. Sneakerhead sudah lelah karena kelelahan Air Jordan, apalagi dengan banyaknya model baru yang dirilis dan dipopulerkan Nike selama beberapa tahun terakhir. Bagi para kolektor, Forum ini menarik karena memiliki makna sejarah dan budaya tersendiri. Dan bagi penggemar sepatu kets kasual, sepatu ini adalah alternatif yang menyegarkan dan bergaya dibandingkan apa yang dikenakan orang lain.

Adidas Forum banyak menjadi sorotan di tahun 2021. Adidas kembali merilis Forum "Money" yang dirancang oleh Jeremy Scott. Forum juga merupakan pusat dari beberapa kolaborasi, termasuk kolaborasi mendatang yang terinspirasi oleh film klasik Natal tahun 90-an, Home Alone, dan kolaborasi lainnya untuk menandai ulang tahun ke-20 Xbox.

Namun, belum ada kolaborator yang berbuat lebih banyak untuk memperkenalkan Forum ini kepada generasi baru sneakerhead selain Bad Bunny. Rapper asal Puerto Rico ini bekerja sama dengan Adidas untuk merancang gaya baru yang dilengkapi dengan gesper dan logo mata khasnya. Mereka juga ditawarkan dalam warna-warna yang menarik, seperti pink, hitam, dan coklat kopi. Selain dari penampilannya yang khas, yang memastikan popularitas Forum baru ini adalah basis penggemar Bad Bunny yang sangat besar. Video rapper tersebut membuka kotak sepasang sepatu yang ditonton lebih dari 15 juta kali di Instagram. (*)

Foto: Adidas Basketball

Komentar