IBL

Michael Jordan dikenal sebagai sosok pribadi yang tidak mau kalah dalam berbagai hal, baik di dalam dan di luar lapangan. Oleh karenanya, rapper Kanye West menyebut bahwa legenda NBA tersebut tidak akan memaafkannya karena penjualan Adidas Yeezy lebih baik daripada Air Jordan. 

Kanye West berbicara soal persaingan bisnis sepatu ini dalam podcast Drink Champs. Dia berbicara bahwa Nike mungkin mampu mendominasi penjualan sepatu olahraga, dan Air Jordan salah satu produk terbaiknya. Namun mereka tidak lagi menguasai pasar dan budaya sneaker, sebab ada Yeezy yang kini mencuri tahta mereka. Bahkan Kanye memasang lirik "Yeezy jumped over Jumpman" dalam lagunya yang berjudul Facts (Charlie Heat Version) yang dirilis tahun 2016. 

Kanye melahirkan Yeezy lebih dari delapan tahun lalu. Mungkin waktu yang lebih pendek dibandingkan dengan Michael Jordan yang membangun budaya sneaker dengan Air Jordan miliknya. Tetapi pada tahun 2015 Jordan Brand mengalami kemunduran. Model dan warna yang dikeluarkan membosankan dan tidak disukai pasar. Saat itulah Adidas dan Kanye West menggoyang pasar sneaker dunia, ketika dia membuat proyek Yeezy. Penjualan Yeezy lebih banyak dibandingkan Air Jordan. 

Nike sendiri sempat merasakan manisnya bekerja sama dengan Kanye. Ketika merka membuat kolaborasi selama lima tahun, hingga 2014. Model yang paling populer saat itu adalah Yeezy 2 "Red October". Sampai hari ini, menurut data Sport Rush, Yeezy 2 menjadi sneaker non-atlet paling hype sepanjang masa. 

Kanye dalam podcast tersebut juga bilang kalau dirinya yang sudah menyelematkan Adidas. Kembali pada tahun 2015, Kanye dan Adidas mengeluarkan Yeezy pertama kali. Produk ini membuat Adidas yang merugi AS$2 miliar per tahun, bisa untung sebesar AS$60 miliar per tahun, setelah mereka punya Yeezy. Khusus untuk tahun 2020 saja, penjualan Yeezy mencapai hampir AS$1,7 miliar. Kanye mendapatkan royalti sebanyak AS$191 juta.

"Michael Jordan tidak pernah menyelamatkan sebuah perusahaan yang tenggelam seperti saya. Nike sejak dulu baik-baik saja," ketus Kanye West. 

Kanye menyebut bahwa dirinya sudah mengalahkan Michael Jordan dalam bisnis sneaker. Oleh sebab itu, sampai sekarang Jordan tidak ingin menemuinya. (tor)

Foto: Sole Colector

Komentar