IBL

Goran Dragic membuka berita tentang pemain yang pensiun di tahun 2024. Kapten timnas Slovenia tersebut menyatakan mundur dari basket setelah 20 musim di liga profesional, termasuk di NBA. Semua detail informasi mengenai rencana pensiun ini akan dijelaskan dalam konferensi pers, pada Kamis, 4 Januari waktu Slovenia. 

Dikutip dari situs berita Slovenia, SiOL.net, bahwa kabar ini dikonfirmasi oleh dua penyelenggara acara perpisahan Dragic, yaitu Spontanzo dan Yayasan Goran Dragic. Acara perpisahan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari di Ljubljana, pada bulan Agustus 2024. 

Memulai kariernya di Slovenia pada tahun 2003, Goran Dragic bermain untuk pertama kalinya di luar negaranya bersama Murcia pada musim 2006-2007 dengan status pinjaman dari Baskonia, di mana ia kembali selama NBA Lockout 2011.

Dipilih oleh San Antonio Spurs dengan pilihan ke-45 di NBA Draft 2008, ia kemudian bermain enam tahun di Phoenix, disela oleh musim 2011-2012 di Houston, dan kemudian enam tahun lagi bersama Miami Heat. Pada tahun-tahun terakhir karirnya, dia mewakili Toronto, Brooklyn, Chicago, dan terakhir Milwaukee Bucks. Dia adalah All-Star (2018), dan dinobatkan sebagai Most Improve Player pada tahun 2014, menjadi All-NBA Third-Team di musim yang sama.

Terakhir kali bermain pada 22 April, di Playoff NBA 2023 bersama Milwaukee Bucks, Dragic mengenakan jersei tersebut di Gim 3 melawan mantan timnya, Miami Heat, dan menandai kesempatan tersebut dengan mencetak dua poin terakhir dari garis tembakan gratis. Sejak menutup musim sebelumnya, Dragic yang berusia 37 tahun berstatus "free agent". 

Sepanjang karier NBA-nya, dia telah mewakili Suns, Houston Rockets, Heat, Toronto Raptors, Brooklyn Nets, Chicago Bulls, dan Bucks. Lebih dari 946 pertandingan (530 start) dan 15 musim, Dragic memiliki rata-rata karier 13,3 poin, 3,0 rebound, dan 4,7 asis per gim. 

Kapten dan MVP FIBA EuroBasket 2017 menang bersama tim nasional Slovenia, dia adalah ikon mutlak negara tersebut. Suatu hari Luka Doncic akan melampauinya, tapi dia adalah pemain Slovenia dengan penampilan resmi terbanyak (90 pertandingan) dan poin terbanyak yang dicetak di semua kompetisi mewakili negaranya (1.760 poin). Penampilan terakhir Dragic bersama timnas Slovenia adalah di FIBA ​​EuroBasket 2022, di mana Slovenia secara tak terduga kalah dari Polandia di perempat final, mengakhiri pencarian mereka untuk meraih medali emas berturut-turut. 

Pemain berusia 37 tahun ini akan menyampaikan rincian acara tersebut pada konferensi pers di Ljubljana, yang dijadwalkan Kamis depan, dengan kehadiran tokoh penting lainnya seperti walikota Zoran Jankovic. (*)

Foto: nba.com

Komentar