IBL

NBA akhirnya merilis tampilan dan detail "NBA Cup", trofi yang akan diberikan kepada juara In-Season Tournament perdana bulan Desember ini. Trofi tersebut sudah pernah muncul di bulan Juli, saat liga secara resmi mengumumkan penyelenggaraan Turnamen Tengah Musim untuk pertama kali. Tetapi baru sekarang liga memberikan detail-detail terkait trofi yang dirancanng oleh Tiffany & Co. bersama seniman Victor Solomon, di Cumberland, Rhode Island. 

Trofi yang diberi nama "NBA Cup" tersebut berbahan perak murni, berlapis vermeil emas 24 karat, dan terdapat bahan keramik hitam. Untuk warnanya sendiri cenderung keemasan, agar melambangkan pencapaian tertinggi. Dimensi trofi tersebut adalah 58,4 cm untuk tinggi keseluruhan dengan berat sekitar 16 kg. Basis modelnya ada tiga tingkat, yaitu alas, kemudian bagian pilar, dan terakhir ada bola setengah lingkaran. 

Selain trofi untuk tim juara, NBA juga menyiapkan trofi khusus untuk MVP Turnamen Tengah Musim. Bentuk dan warnanya hampir sama, hanya sedikit pembeda di bagian atas, serta beratnya dikurangi menjadi 6 kg saja. NBA juga menyiapkan medali khusus untuk para pemain dan ofisial tim yang menjadi juara. 

Masih ada satu trofi lagi yang disiapkan oleh NBA. Bentuknya unik, yaitu bola kristal hitam solid dengan ornamen emas. Di satu sisi bola tersebut ada motif braket yang melambangkan Turnamen Tengah Musim. Trofi ini diberkan kepada All-Tournament Team. Karena nantinya NBA akan meminta panel yang terdiri dari awak media untuk memilih lima pemain terbaik dari masing-masing posisi yang akan mendapatkan trofi unik tersebut. 

Foto: nba.com

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, bahwa setiap pemain dari tim juara akan mendapatkan uang tunai sebesar 500 ribu dolar Amerika. Ditambah dengan medali. Begitu juga dengan ofisial yang besarnya sudah disesuaikan. Namun sampai sekarang belum ada pengumuman, adakah hadiah uang tunai yang diterima oleh MVP dan All-Tournament Team. (*)

Foto: nba.com

Komentar