IBL

NBA Cup. Ini merupakan turnamen tengah musim mulai NBA. Digelar mulai tahun ini. Turnamen itu akan berlangsung pada 3 November-9 Desember. Las Vegas akan menjadi lokasi final dari NBA Cup.

Format turnamen ini mengadopsi format layaknya turnamen di Eropa. Yakni penyisihan grup dan babak gugur. Ada 67 gim dalam turnamen tengah musim ini yang akan dihitung dalam musim reguler.

Setiap tim akan tetap memainkan 82 gim musim reguler. Akan menjadi 83 gim jika tim tersebut bertanding di final NBA Cup pada 9 Desember di T-Mobile Arena, Las Vegas.

Turnamen tengah  musim ini terdiri dari dua tahap yaitu babak grup dan babak gugur. Pada Jumat (8/7) waktu setempat NBA telah merilis pembagian grup. Grup ini dibagi menjadi Wilayah Barat dan Timur.

Baca juga: NBA Siap Menggelar Turnamen Tengah Musim

Masing-masing wilayah dibagi lagi menjadi tiga grup yang terdiri dari lima tim. Pengundian dilakukan berdasarkan rekor menang-kalah pada musim 2022-23. Babak grup berlangsung mulai 3-28 November. Mereka akan memainkan empat pertandingan babak grup (2 kandang, 2 tandang)

Ada delapan tim yang akan masuk babak gugur. Masing-masing dari tim terbaik setiap grup dan dua tim runner up terbaik. Jika ada dua tim atau lebih yang imbang dalam satu grup, hasil berikutnya ditentukan melalui head to head, perbedaan poin, total poin, rekor musim reguler sebelumnya, dan pengundian acak.

Tentu saja NBA memberikan hadian tambahan untuk turnamen tengah musim ini. Hadiah akan diberikan kepada pemain yang lolos babak gugur. Jumlahnya AS$50 ribu (perempat final), AS$100 ribu (semifinal), AS$200 ribu (finalis), dan AS$500 ribu (juara).

Selain itu juga ada gelar individu yakni MVP NBA Cup. Serta pemain-pemain terbaik masuk dalam All-Tournament team. Performa mereka dinilai pada babak grup dan babak gugur.

“Dengan tambahan event tengah musim ini, pemain dan tim bisa memenangkan kompetisi lain yang melibatkan penggemar dengan cara yang berbeda. Serta mendorong minal lebih lanjut pada bagian awal musim reguler,: kata Joe Dumars, Wakil Presiden Eksekutif NBA. (rag)

 

Hasil Undian Babak Grup Turnamen Tengah Musim NBA

Wilayah Barat

Grup A

Memphis Grizzlies

Phoenix Suns

Los Angeles Lakers

Utah Jazz

Portland Trail Blazers

 

Grup B

Denver Nuggets

Los Angeles Clippers

New Orlea ns Pelicans

Dallas Mavericks

Houston Rocketes

 

Grup C

Sacramento Kings

Golden State Warriors

Minnesota Timberwolves

Oklahoma City Thunder

San Antonio Spurs

 

Wilayah Timur

Grup A

Philadelphia 76ers

Cleveland Cavaliers

Atlanta Hawks

Indiana Pacers

Detroit Pistons

 

Grup B

Milwaukee Bucks

New York Knicks

Miami Heat

Washington Wizards

Charlotte Hornets

 

Grup C

Boston Celtics

Brooklyn Nets

Toronto Raptors

Chicago Bulls

Orlando Magic

 

Foto: NBA

Komentar