IBL

Inovasi NBA menggelar In-Season Tournament berjalan sukses. Los Angeles Lakers menjadi juara edisi perdana. Adanya turnamen tengah musim ini juga meningkatkan persaingan antar tim. Pemain juga senang karena hadiah uang tunai. Nah, mulai musim depan, In-Season Tournament mengganti merek atau branding.

NBA mengumumkan kerjasama dengan sponsor sebagai tajuk utama turnamen. Mereka bekerja sama dengan Emirates sebagai sponsor utama. Untuk itu, mulai musim depan kompetisi akan disebut sebagai Emirate NBA Cup.

NBA Cup sebenarnya merupakan nama dari trofi In-Season Tournament. Kerja sama dengan Emirates itu tidak akan mengubah nama trofi tersebut.

“Kolaborasi ini juga akan menjadikan Emirates sebagai mitra patch jersey wasit pertama di liga dan mitra perdana NBA Cup. Dengan popularitas bola basket di seluruh dunia, kami bersemangat untuk bekerja dengan salah satu liga profesional paling bergengsi dan diakui secara global,” kata Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, Emirate Group Chairman dan Chief Executive.

Emirates menjadi mitra perdana NBA dalam turnamen tengah musim. Kerja sama berlangsung selama beberapa tahun. Emirates juga menjadi maskapai penerbangan global resmi pertama NBA. Pada saat yang sama, NBA juga memakai logo sponsor di seragam wasit pertama kalinya saat All-Star 2024.

In-Season Turnamen merupakan kompetisi tengah musim. Pertandingannya juga dihitung dalam musim reguler. Format In-Season Tournament sendiri dibagi dalam grup. Masing-masing juara grup dan dua runner up terbaik lolos ke babak gugur atau perempat final.

Dalam satu musim tiap tim berlaga dalam 82 gim musim reguler. Tetapi jika tim itu lolos babak final In-Season Tournament, mereka bermain dalam 83 gim di musim reguler. Los Angeles Lakers berhasil mengalahkan Indiana Pacers 123-109 di final yang berlangsung di Las Vegas, Nevada.

In-Season Tournament juga disambut baik oleh para pemain dan pelatih. Bagi yang lolos ke babak gugur akan mendapat hadiah uang tunai. Jumlahnya mulai AS$50 ribu hingga AS$500 ribu per pemain. (rag)

Foto: Juan Ocampo/NBAE via Getty Images

Komentar