IBL

NBA musim mendatang akan terasa berbeda. Ada dua kompetisi yang dijalankan yaitu kompetisi resmi dan turnamen tengah musim (in-season tournament). Dalam rilis resminya NBA akan mengumumkan jadwal in-season tournament pada Selasa (15/8) mendatang atau Rabu WIB.

In-season tournament akan dimulai pada Jumat tanggal 3 November 2023. NBA telah membagi enam grup dari Wilayah Barat dan Timur. Pembagian grup itu berdasarkan rekor menang-kalah musim lalu.

Setelah jadwal tersebut dirilis barulah diketahui pertandingan-pertandingan mana saja di musim reguler yang masuk dalam in-season tournament. Ada 67 gim yang masuk dalam in-season tournament. Jadi, setiap tim akan tetap memainkan 82 gim di pertandingan reguler plus satu gim jika tim tersebut masuk final in-season tournament.

Baca juga: Format dan Pembagian Grup Turnamen Tengah Musim NBA 2023-24

Dalam in-season tournament ini ada fase penyisihan grup dan babak gugur. Setiap grup berisi lima tim. Mereka akan menjalani dua gim kandang dan dua gim tandang. Fase gugur dijadwalkan pada 3-28 November 2023.

Delapan tim terbaik lolos ke fase gugur. Tim yang lolos adalah yang berstatus juara grup dan dua runner up terbaik. Perhitungan klasemen menggunakan urutan poin, head to head, perbedaan poin, dan total poin.

Babak perempat final pada 4-5 Desember 2023 dan semifinal berlangsung pada 7 Desember. Fase ini masih masuk dalam perhitungan gim reguler. Lalu babak final diadakan pada 9 Desember di T-Mobile Arena, Las Vegas.

Tim yang menjadi juara in-season tournament akan mendapatkan trofi NBA Cup. Juga ada penghargaan individu MVP dan pemilihan all-tournament team.

NBA juga menyediakan intensif bagi pemain. Setiap pemain yang menjuarai in-season tournament akan menerima AS$500 ribu. Pemain dari tim runner up sebesar AS$200 ribu. Kemudian pemain yang masuk semifinal sebesar AS$100 ribu dan perempat final AS$50 ribu. (rag)

Foto: NBA

Komentar