IBL

Milwaukee Bucks akhirnya memenangkan pertandingan melawan Oklahoma City Thunder. Mereka unggul tipis 97-95 lewat tembakan kontroversial di sisa waktu 1,3 detik terakhir di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat, Sabtu 30 Desember 2017. Karena sebelum tembakan Giannis Antetokounmpo masuk, kakinya terlihat lebih dulu menginjak garis.

Kendati demikian, wasit pun memutuskan untuk tidak meniup peluit. Mereka menghitung bola itu sebagai poin. Oleh karena itu, Antetokounmpo pun berhasil mencetak total 23 poin plus 12 rebound dan 6 asis dalam kemenangan timnya. Khris Middleton menyumbang 20 poin, sementara John Henson dan dan Tony Snell masing-masing 18 dan 15 poin.

Bucks bermain bagus di awal laga. Mereka sempat meninggalkan lawan 20-5 di sisa lima menit kuarter satu. Permainan kolektif mereka mampu membuat pertahanan Thunder kocar-kacir. Sehingga mereka pun memimpin 38-18.

Tertinggal dengan margin 20 poin membuat Thunder berusaha mencetak angka lebih banyak. Russell Westbrook dkk. berkali-kali menyerang dengan lebih hati-hati untuk mendapatkan poin. Mereka pun berhasil mengumpulkan 26 poin sementara Bucks hanya 20. Akan tetapi, keunggulan tidak berubah. Bucks masih memimpin dengan 58-44.

Memasuki kuarter tiga, Carmelo Anthony membuka dua poin pertama Thunder di paruh waktu kedua. Namun, bukan Anthony aktor utamanya. Westbrook menjadi penampil terbaik di kuarter ini dengan permainan apiknya. Secara keseluruh di laga ini, ia hampir mencetak triple-double dengan 40 poin, 14 rebound, dan 9 asis.

Dengan penampilannya yang agresif, Westbrook pun berhasil mengangkat Thunder. Ia dan rekan-rekannya mengumpulkan 23 poin di kuarter tiga, sementara lawan hanya 15. Hasil itu membuat mereka semakin mendekati perolehan poin Bucks. Kedudukan 73-67.

Di kuarter akhir, kedua tim tentu tidak ingin mengalah. Keduanya bermain agresif untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya. Bucks dengan permainan kolektif mereka dan Thunder yang cenderung mengandalkan Westbrook sebagai motor serangan.

Tembakan tripoin Westbrook berhasil menyamakan kedudukan di sisa waktu 4,7 detik. Kedudukan mereka 95-95 di waktu krusial itu. Antetokounmpo kemudian mengambil bola dan melantunnya sendiri ke arah ring Thunder. Ia berusaha melewati pertahanan melalui garis akhir sebelum melempar bola ke arah ring yang membuat mereka menang 97-95.

Keberhasilan Bucks itu kemudian menjadi kemenangan kontroversial lantaran kaki Antetokounmpo dalam tayangan video terlihat menginjak garis. Namun, kepala pelatih Thunder, Billy Donovan, tidak mau ambil pusing. Ia justru fokus kepada kesalahan mereka di kuarter pertama. Menurutnya, mereka kalah karena tidak bisa mencetak banyak angka di kuarter pertama.

Maka dengan demikian, kemenangan Bucks pun sekaligus memutus enam kemenangan beruntun Thunder. Mereka akan melaju ke laga musim reguler selanjutnya melawat ke Toronto untuk menghadapi Raptors, Selasa 2 Januari 2018. Sementara itu, Thunder akan menjamu Dallas Mavericks di kandang pada tahun baru.

Foto: AP

Komentar