IBL

NBA meminta tim-tim untuk menyiapkan lantai khusus dalam pertandingan musim reguler, yang sekaligus babak penyisihan In-Season Tournment. Tapi lagi-lagi masalah lantai lapangan ini menimpa Dallas Mavericks. Justru kini keluhan datang dari Luka Doncic, bintang utama Mavs. 

Pada awal bulan November, saat Turnamen Tengah Musim NBA dimulai, Luka Doncic mengalami masalah dengan garis tripoin di Denver. Kemudian, Dallas Mavericks tidak bisa menjamu LA Clippers di lantai khusus yang seharusnya disiapkan untuk In-Season Tournament karena kesalahan manufaktur. Hal ini sudah dijelaskan oleh liga. Lalu, yang terakhir Luka Doncic mengeluhkan warna lapangan di New Orleans yang tidak nyaman untuk mata. Sehingga disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang menyebabkan Mavs kalah. 

Saat Mavs menghadapi Pelicans, Luka Doncic tidak bermain seperti biasanya. Dia hanya memasukkan 16 poin dengan lima tembakan masuk dari 16 percobaan. Dia juga melakukan delapan kali turnover. Doncic beberapa kali sempat tergelincir. Sementara masalah turnover disebabkan karena bola tidak memantul dengan baik. 

"Selain warnanya, lantai juga sangat buruk," kata Doncic kepada Dallas Morning News. "Sangat licin, terutama di bagian yang memiliki warna pekat, dan di beberapa tempat bola tidak memantul dengan baik. Jadi jika kami harus bermain di lantai ini, sebaiknya pastikan lantai tersebut stabil, sehingga kami bisa bermain baik di lantai tersebut. Seperti di Dallas, di mana lantainya tidak bagus, maka kami menggantinya."

Ironisnya, Doncic dan rekan-rekan punya rekor 1-2 untuk babak penyisihan Turnamen NBA. Dua kekalahan tersebut terjadi di lapangan yang baru. Keluhan Doncic mendapat dukungan dari rekannya, Tim Hardaway Jr.. Tapi kali ini dia lebih bijak dalam menanggapi situasi. 

"Ini tahun pertama, jadi pasti bermasalah. Ini memang kebiasaan baru, jadi harus dibiasakan. Masalahnya adalah tidak peduli apa yang dikatakan pemain, liga tidak akan mengubahnya. Jadi ini tetaplah lapangan basket. Suka atau tidak suka," katanya. 

Masalah Doncic bisa saja dialami oleh banyak pemain NBA lain, yang merasa terganggu dengan warna-warni lantai yang digunakan untuk pertandingan In-Season Tournament. Namun kepala pelatih Dallas Mavericks, Jason Kidd, tampaknya tidak mau menanggapi keluhan Doncic. Pelatih Kidd malah berbicara tentang buruknya performa timnya ketika di laga tandang. Karena Mavs kebobolan 131 poin, 20 bola hilang (turnover), dan hanya mencetak akurasi tripoin 33 persen. Dalam dua laga tandang untuk In-Season Tournament, mereka kalah. 

"Yang bermain itu pemainnya, jadi itu masalah mereka. Saya merasa lantainya sulit untuk ditonton di televisi, liga sudah terlalu jauh dalam hal itu," ujar pelatih Kidd. "Tetapi kami tidak menggunakan lantai sebagai alasan, jadi kami tidak mengatakan bahwa lantai itulah yang membenarkan hilangnya bola kami." 

Mengacu pada pernyataan Jason Kidd, sebenarnya memang banyak yang terganggu dengan warna lantai lapangan NBA, pada saat digunakan untuk pertandingan In-Season Tournament. Namun itu sudah menjadi keputusan liga. Sampai sekarang tidak ada tanda-tanda akan ada perubahan. Jadi sebaiknya pemain-pemain Dallas Mavericks harus mulai membiasakan diri dengan warna lantai tersebut. (*)

Foto: ESPN

Komentar