IBL

Philadelphia 76ers mengalami guncangan sebelum memulai musim. Mereka harus membereskan urusan dengan James Harden. Pada akhirnya Sixers berhasil memenuhi permintaan Harden ke Los Angeles Clippers. Setelah pertukaran itu, nasib kedua pihak berbeda.

Sixers melaju panas di awal musim. Mereka memetik tujuh kemenangan beruntun. Meski tren positif itu terhenti oleh Indiana Pacers, Sixers masih menguasai Wilayah Timur dengan rekor menang-kalah 8-2. Di In-Season Tournament, Sixers masih berpeluang lolos ke perempat final dengan hasil 1-1 di posisi ketiga grup A.

Baca juga: Pacers Hentikan Kesempurnaan Sixers

Berbanding terbalik dengan Harden. Dalam lima gim setelah resmi menjadi pemain Clippers, MVP 2017-2018 itu belum merasakan kemenangan. Secara keseluruhan, Harden juga belum mencicipi kemenangan musim ini.

Baca juga: Sudah 0-5, Ada Apa dengan Clippers dan Harden?

Sebelum ditukar ke Clippers, Harden telah melewatkan tiga gim Sixers. Harden tidak diikutsertakan di awal musim karena sempat menghilang dari kamp pelatihan. Ia pun tidak masuk dalam daftar pemain yang bertandang ke Toronto.

Dalam pertandingan terakhir, Clippers menelan kekalahan 108-111 dari Denver Nuggets. Harden menyumbang 21 poin, 2 rebound, dan 4 asis. Ia tampil selama 35 menit. Sayangnya, kontribusi itu tidak cukup untuk membendung juara bertahan.

Harden diakuisisi Clippers sejak 30 Oktober 2023. Clippers sendiri sudah menelan tujuh kekalahan beruntun. Mereka belum meraih kemenangan sepanjang bulan November ini. Clippers terpuruk di urutan ke-12 Wilayah Barat (4-7).

Harden berdalih persiapan yang tidak maksimal di awal musim membuat penampilannya terganggu. Meski dalam lima gim bersama Clippers, ia berusaha memberikan yang terbaik.

“Saya terus menegaskan, saya tidak mengikuti kamp pelatihan atau pramusim. Jadi, saya menyesuaikan sambil berjalan. Juga menjadikan saya sebagai bentuk James Harden yang sebenarnya. Malam ini jelas satu langkah ke arah yang benar dan terus berkembang,” kata Harden usai pertandingan melawan Nuggets.

Penampilan Harden tersebut mendapat komentar dari Charles Barkley. Ia berpendapat bahwa Harden dan Russell Westbrook tidak bisa bermain bersama. Meski keduanya pernah bermain di Oklahoma City Thunder dan Houston Rockets.

“Jika Anda melihat pertandingan itu, Anda melihat masalah mereka secara singkat. Mereka tidak berlari sampai mereka mengeluarkan James dari permainan. Mereka tertinggal dua digit. Ketika James keluar, saat itulah mereka mengejar dan Russell memainkan peran utama,” ungkap Barkley. (rag)

Foto: Sports Illustrated

Komentar