IBL

Denver Nuggets memperpanjang kontrak pelatih Michael Malone. Kabarnya juara NBA 2022-2023 itu akan memberikan nilai yang sepadan bagi Malone. Nilainya memang belum disebutkan. Tapi Adrian Wojnarowski menyebut Malone telah menyetujui kesepakatan yang akan membuatnya menjadi salah satu pelatih termahal NBA.

Sebelum perpanjangan kontrak, Malone terikat kontrak hingga musim 2024-2025. Saat perpanjangan pada pertengahan musim lalu, tidak disebutkan nilai Malone. Pelatih berusia 52 tahun itu telah menangani Nuggets sejak 2015.

Saat ini Malone menjadi pelatih aktif NBA keempat dengan masa jabatan terlama. Ia berada di belakang Gregg Popovich (San Antonio Spurs, 27 tahun), Erik Spoelstra (Miami Heat, 15 tahun), dan Steve Kerr (Golden State Warriors, 9 tahun).

Selama menangani Nuggets selama 8 tahun, Malone memiliki rekor menang-kalah 375-272 di musim reguler dan 37-31 di babak playoff. Rekor kemenangan itu menjadi yang ketiga terbaik dalam sejarah waralaba setelah Doug Moe (423) dan George Karl (432).

Malone juga berhasil membawa Nuggets menjadi tim dengan persentase kemenangan terbaik kedua di NBA sejak 2018-2019. Mereka hanya kalah dari Milwaukee Bucks. Musim ini Nuggets masih mendominasi Wilayah Barat dengan laju 8-2. Identik dengan Dallas Mavericks.

Nilai fantastis untuk Malone memang sepadan. Setelah berhasil membawa tim tersebut meraih cincin pertama, Nuggets memiliki peluang besar untuk mendominasi liga selama beberapa musim ke depan. Apalagi pada musim ini, Nuggets berhasil mengunci pemain-pemain utamanya. Hampir tidak ada perubahan roster.

Sebagai perbandingan, pelatih termahal NBA saat ini adalah Popovich. Coach Pop telah memperpanjang kontrak lima tahun pada usia 74 tahun. Ia memiliki nilai kontrak AS$80 juta. Popovich memiliki gaji AS$16 juta per tahun.

Kemudian ada Monty Williams yang direkrut oleh Detroit Pistons. Kontrak enam tahun Williams dengan Pistons bernilai AS$78,5 juta dengan gaji AS$13 juta per tahun.

Deretan berikutnya diisi Kerr dengan nilai AS$9,5 juta per tahun, Spoelstra dengan 8,5 juta per tahun, dan Rick Carlisle (Indiana Pacers) dengan AS$ 7,25 juta per tahun. Gaji Malone diperkirakan akan memiliki nilai yang tidak jauh dari angka-angka di atas. (rag)

Foto: NBA

Komentar