IBL

Boston Celtics akhirnya sukses menumbangkan Houston Rockets di kandang. Mereka baru saja menang dengan skor tipis 99-98 di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Jumat 29 Desember 2017. Kemenangan mereka pagi ini menjadi keberhasilan dramatis. Bagaimana tidak, setelah tertinggal 20 poin di kuarter pertama, mereka justru bisa bangkit di akhir laga.

Pada pertandingan itu, Kyrie Irving menjadi pencetak angka terbanyak dengan 26 poin. Rookie Jayson Tatum di tempat kedua dengan 19 poin, 5 rebound, dan 2 asis. Marcus Smart menjadi pahlawan meski hanya mencetak 13 poin. Cara bertahannya di menit-menit akhir sukses membendung serangan Rockets.

Di kubu Rockets, James Harden gemilang 34 poin dan 10 asis. Namun, ia terlalu banyak melakukan kesalahan dengan delapan turnover. Sementara itu, Eric Gordon—yang masuk ke skuat utama menggantikan Chris Paul yang tengah cedera—cukup baik dengan 24 poin.

Di kuarter pertama, Rockets sebenarnya benar-benar unggul. Mereka menyerang dan bertahan dengan baik, bahkan meninggalkan Celtics 10-0 di menit ke-8. Namun, tim asal Boston itu kemudian memecah kebuntuan melalui tripoin Al Horford. Pertandingan pun berjalan berat sebelah. Rockets menutup kuarter itu dengan 32-12.

Kuarter berikutnya, Rockets berusaha menjaga asa lewat serangan-serangan yang dipimpin James Harden. Namun, Celtics juga memberikan perlawanan lewat Kyrie Irving. Kedua tim hampir bermain imbang, tetapi perolehan poin Rockets di kuarter pertama membuat Irving dkk. kesulitan menyamakan kedudukan. Rockets tetap memimpin 62-38.

Setelah turun minum paruh waktu pertama, Celtics mulai menunjukkan taringnya. Serangan-serangan mereka mulai menemui hasil yang lebih baik. Sementara itu, serangan Rockets justru tumpul jika dibandingkan sebelumnya. Celtics pun mendekat meski Rockets masih memimpin 78-69.

Kuarter empat menjadi momok menakutkan bagi Rockets. Tim asuhan Mike D’Antoni ini cukup kesulitan meruntuhkan pertahanan lawan. Celtics berkali-kali sukses mematahkan mereka. Horford dan Tatum bahkan bergantian memblok tembakan Harden. Dua buah blok penting yang membuat mereka mendekat.

Kendati demikian, tokoh utama di kuarter ini sebenarnya Marcus Smart. Guard Celtics ini bertahan dengan baik sehingga membuat Harden kesulitan melepaskan diri. Pemain yang tenar dengan brewoknya itu pun mendorong Smart dan melakukan pelanggaran.

Penguasaan bola berbalik untuk Celtics. Mereka lantas memanfaatkan keperkasaan Horford di bawah ring untuk membalikkan keadaan 99-98. Rockets sebenarnya punya kesempatan untuk kembali unggul, tetapi Harden lagi-lagi melakukan kesalahan. Ia mendorong Smart untuk kedua kali dan Celtics mendapat tembakan bebas.

Al Horford menjadi pengeksekusi terakhir lemparan bebas itu. Ia gagal di lemparan pertama dan sengaja tak memasukkannya di lemparan kedua supaya mengulur waktu. Mereka pun menang 99-98.  

Dengan demikian, Celtics pun berhasil mempertahankan wajah mereka di hadapan penggemar sendiri. Mereka berhasil merengkuh satu kemenangan yang membuat tim asuhan Brad Stevens itu kokoh di puncak klasemen sementara Wilayah Timur.

Selanjutnya, Celtics akan menghadapi Brooklyn Nets pada Senin, 1 Januari 2018. Sementara itu, Rockets sendiri bakal melawan Washington Wizards esok hari. Laga itu akan menjadi laga penutup bagi Rockets di tahun 2017.  

Foto: Getty Images 

Komentar