IBL

Seluruh tim yang berlaga di NBA Playoff 2019 sudah memainkan tiga gim pertama mereka. Dari delapan duel yang ada, hanya ada tiga di antaranya yang dikuasai oleh satu tim saja atau unggul sementara (3-0). Ketiga tim tersebut terdiri dari Houston Rocktes di Wilayah Barat dan Milwaukee Bucks serta Boston Celtics di Wilayah Timur.

Dengan keunggulan tersebut, ketiga tim di atas memiliki peluang besar untuk menuntaskan putaran pertama playoff ini dengan sapu bersih empat gim. Pertanyaannya, seberapa besar peluang hal tersebut terealisiasi?

Bicara sebuah liga terutama NBA, sejarah akan menjadi salah satu dasar statisik yang menarik untuk dikupas. Dalam babak playoff sendiri, sejarah mengatakan bahwa tidak ada satupun tim di NBA yang mampu berbalik memenangi seri tersebut setelah tertinggal (3-0). Tidak pernah terjadi di seluruh babak playoff bahkan final!.

Comeback terbaik dan paling bersejarah di NBA saat Cleveland Cavaliers menjadi juara NBA dua musim lalu pun terjadi ketika mereka tertinggal (3-1). Warriors kala itu selalu menang di dua gim awal mereka, lantas kalah di gim ketiga dan kembali menang di gim keempat. Cavaliers tidak ada dalam posisi tertinggal tiga gim dalam rangkaian final tersebut.

Dalam sejarah Playoff NBA, ada 126 kali sebuah tim unggul (3-0). Dari jumlah tersebut, 78 di antaranya berhasil menyudahi seri dengan kemenangan sapu bersih (menang di gim keempat). Jumlah tersebut setara dengan 62 persen. Lalu 35 lainnya berhasil memenangi seri di gim kelima (28 persen), menang di gim keenam 10 kali (8 persen), dan hanya tiga di antaranya yang harus menuju gim tujuh untuk menang (2 persen).

Tugas berat akan ditanggung oleh tiga tim, Utah Jazz, Detroit Pistons, dan Indiana Pacers jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Karena tidak hanya mengalahkan lawan mereka, tiga tim tersebut juga harus menaklukkan sejarah. Namun, jika nantinya mereka memang benar-benar mampu menaklukkan dua hal tersebut, nama mereka juga akan menjadi bagian dari sejarah baru, seperti kisah Cavaliers lalu.

Jadi, akankah sejarah berulang? Atau justru akan ada sejarah baru?

Foto: NBA

 

Komentar