IBL

NBA mengumumkan bahwa terdapat kesalahan wasit dalam pertandingan Denver Nuggets melawan Golden State Warriors di Ball Arena, Rabu (8/11) waktu Amerika Serikat. Wasit tidak melihat bahwa Aaron Gordon sudah keluar area permainan saat melakukan penyelamatan bola. 

Meskipun tidak ada jaminan bahwa keputusan yang benar akan mengubah nasib Warriors dalam permainan. Tapi dalam pertandingan yang sangat ketat, dan ditentukan oleh satu peluang, sulit bagi penggemar Warriors untuk tidak membayangkan apa yang akan terjadi jika wasit melihat Aaron Gordon keluar area permainan. Sebab Warriors akan memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan atau malah menang. 

Saat Golden State tertinggal 105-102 dengan sisa waktu 58 detik dalam permainan, Chris Paul gagal memasukkan lemparan tripoin yang berpotensi menyamakan kedudukan. Kemudian bola memantul dari tangan penyerang Nuggets Michael Porter Jr. Pemain Warriors Andrew Wiggins kemudian menyelamatkan bola agar tidak keluar batas dan mencoba memberikan umpan kepada penjaga Klay Thompson tetapi dicegat oleh Aaron Gordon.

Gordon, terjatuh ke belakang di dekat bangku cadangan Warriors, mengoper bola kepada Kentavious Caldwell-Pope yang segera dilanggar oleh Wiggins, mengakibatkan dua kesempatan tembakan gratis untuk Nuggets. Di sini letak permasalahannya. 

Dalam "Last Two Minute Report NBA", yang dirilis sehari setelah pertandingan, liga menetapkan bahwa wasit telah membuat keputusan yang salah. Gordon memang keluar batas lapangan, setelah menghalau umpan Wiggins. "Gordon (DEN) memutar kakinya dan melangkah keluar batas saat masih menguasai bola," tulis NBA. Berikut tautan Laporan Dua Menit Terakhir NBA untuk Pertandingan Denver Nuggets Vs. Golden State Warriors. 

Karena Wiggins dianggap melakukan pelanggaran, maka Caldwell-Pope meluncur ke area tembakan gratis. Di sini, Caldwell-Pope membawa Nuggest unggul 107-102. Pertandingan ini pun berakhir dengan skor 108-105 untuk kemenangan Nuggets. Tetapi setelah pembuktian ada kesalahan wasit, NBA tidak mengubah hasil pertandingan tersebut. (*)

Foto: NBC Sports Bay Arena

Komentar