IBL

Garda New Orleans Pelicans CJ McCollum didiagnosis menderita pneumotoraks kecil, atau dikenal sebagai paru-paru yang kolaps, tim mengumumkan Minggu sore (5/11) waktu Amerika Serikat. Ini merupakan yang kedua kalinya menimpa Presiden Asosiasi Pemain NBA (NBPA) tersebut, setelah menderita paru-paru kolaps pada bulan Desember 2021. Tim mengatakan McCollum akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui seberapa parah paru-paru yang kolaps tersebut, dan bagaimana proses penyembuhannya. Namun untuk saat ini, McCollum akan absen tanpa batas waktu.

Tidak jelas apa yang menyebabkan cedera paru-paru tersebut. Menurut Mayo Clinic, pneumotoraks dapat disebabkan oleh cedera dada yang tumpul atau tembus, akibat penyakit paru-paru yang mendasarinya, atau tanpa alasan yang jelas. Paru-paru kanan McCollum kolaps pada tahun 2021 setelah ia mengalami cedera tulang rusuk dalam pertandingan bersama Portland Trail Blazers . Butuh waktu hampir tiga minggu baginya untuk pulih dari cedera itu. Namun tidak jelas apakah cedera tersebut ada hubungannya dengan penyakitnya sekarang.

Ketika dia masih bersama Portland Trail Blazers, McCollum sempat absen 18 pertandingan karena paru-paru. Tiga minggu setelahnya, McCollum dikirim New Orleans Pelicans. Sementara saat ini, masalah dengan paru-parunya terungkap dari hasil rontgen yang ia jalani pada Minggu pagi, meski masih diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dalam 48 jam ke depan untuk mengetahui waktu pemulihan penjaga tersebut. 

Absennya McCollum menambah masalah besar lainnya bagi Pelicans, karena Brandon Ingram belum pulih seratus persen dari cedera tendonitis di lutut kanannya. Sementara itu, tim belum melihat kontribusi nyata dari Jose Alvarado, Naji Marshall dan Trey Murphy di lapangan.

McCollum mencetak rata-rata 21,7 poin dan 5,7 asis melalui enam pertandingan bersama Pelicans musim ini. Pemain 32 tahun tersebut menyumbang 13 poin dan 6 asis dalam kekalahan 123-105 hari dari Atlanta Hawks. McCollum, yang juga presiden Asosiasi Pemain NBA, mencetak rata-rata 20,9 poin dan 5,7 asis musim lalu bersama Pelicans. Dia menandatangani perpanjangan dua tahun senilai 64 juta dolar Amerika dengan Pelicans yang akan membuatnya tetap di New Orleans hingga musim 2025-2026.

Di media sosial, McCollum justr bercanda dengan kondisinya. Melihat foto yang digunakan oleh akun Basketball Forever untuk melaporkan berita paru-parunya yang kolaps, sebuah gambar dari tahun lalu di mana McCollum memegangi dadanya, pemain itu sendiri tidak bisa menahan diri untuk menulis "Ini adalah foto yang luar biasa untuk dilaporkan beritanya", serta menambahkan emoji tertawa. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar