IBL

Sebagian penggemar Golden State Warriors panas ketika Jordan Poole mencetak 41 poin untuk Washington Wizards, dalam kemenangan 131-106 atas New York Knicks, minggu ini, di Madison Square Garden. Isu panas yang sedang dibahas adalah kesalahan manajemen Warriors melepas Poole ke Wizards. Penggemar menganggap bahwa keputusan tersebut sangat merugikan, mengingat Poole bisa jadi pemain masa depan Warriors. Namun pemain senior Andre Iguodala mencoba meredam isu panas ini. 

Situasi semakin panas ketika Kyle Kuzma, rekan setim Poole, menyatakan bahwa Poole adalah pemain yang disia-siakan Warriors. "Sangat disayangkan. Oke, mungkin dia sedikit tidak dewasa. Tapi pria ini (Jordan Poole) adalah salah satu atlet paling profesional yang pernah saya temui. Dia punya tubuh yang bagus, dan fokus dalam permainan. Poole mencetak poin seperti Kevin Garnett, dan mengolah bola seperti para pemain Harlem Globetrotter."

Poole tampak bersemangat dan menikmati babak baru dalam kariernya di Washington. Di mana dia berharap bisa menemukan cara untuk membersihkan namanya. Komentar penggemar semakin panas ketika dia mencetak 41 poin, melalui 10 dari 19 percobaan tembakan dalam waktu 27 menit. Poole memasukkan 6 tripoin dari 12 percobaan, dan mencetak 15 tembakan gratis dari 16 kesempatan. Dia juga menambahkan 5 rebound, 2 asis, dan 2 steal dalam pertandingan melawan Knicks. 

Warriors memilih Poole di putaran pertama NBA Draft 2019. Dia berubah dari pemain debutan yang sulit menembus tim utama, menjadi kontributor utama di Warriors yang menjadi juara di musim 2020. Tetapi pertengkarannya dengan Draymond Green sebelum awal musim lalu membuat namanya tercoreng. Meskipun segala sesuatunya tidak pernah sepenuhnya diperbaiki antara Poole dan Green, namun pemain senior Andre Iguodala mencoba untuk melihat sisi positifnya. 

Iguodala, yang menjadi mentor Poole selama empat tahun berkarier di Warriors, menjaga hubungan baik dengan pemain 24 tahun tersebut setelah ia ditukar ke Wizards dengan garda veteran Chris Paul. Juara NBA empat kali itu mengatakan kepada Poole bahwa dia harus tumbuh dewasa setelah memiliki "timnya sendiri", dan menjadi wajah dari sebuah klub, serta memikul tanggung jawab yang besar. Karena hal tersebut tidak pernah dirasakan Poole selama di Warriors. 

"Dia (Jordan Poole) sudah mulai membuat langkah yang tepat," kata Iguodala di podcast Gil’s Arena. "Saya sudah mendengar tentang apa yang dia lakukan dengan rekan satu timnya. Suatu hari, saya bertanya kepadanya tentang rekan satu timnya, dan dia tahu segalanya tentang mereka semua. Dan, saya berpikir, 'Oke, sekarang dia mulai dengan jalan yang benar.' Dia akan menjadi pemimpin di sana."

Menurut Iguodala, Poole memang pemain bagus, tapi dia tidak akan menjadi besar jika tetap berada di Warriors. Semua tahu bahwa Warriors sudah menjadi "milik" Stephen Curry. Meski Poole dianggap sebagai penerus Curry, tetapi itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Sehingga kepindahannya ke Wizards, akan mempercepat perkembangan kariernya. Sementara bagi manajemen Warriors, menjauhkan Poole, akan meredam panasnya situasi di ruang ganti. Jadi kesimpulannya memindahkan Poole ke Wizards adalah solusi yang baik untuk pemain tersebut dan juga tim Warriors. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar