IBL

Las Vegas Aces mempertahankan gelar. Mereka mengalahkan New York Liberty 3-1 dalam Final WNBA 2023. Dalam gim 4 yang berlangsung pada Rabu (18/10) di Barclays Center itu, Aces menang dramatis dengan keunggulan hanya 70-69.

Aces tidak diperkuat Chelsea Gray yang mengalami cedera di gim 3. Tetapi mereka tetap tampil efektif dengan 28/67 tembakan dengan akurasi 41,8 persen. Berbanding dengan Liberty yang membuat 26/71 tembakan.

Dalam gim tersebut, Liberty sempat memimpin dengan margin tertinggi 12 poin di awal kuarter ketiga. Tetapi Aces juga berhasil membangun momentum dengan laju 23-12. Raihan itu menyelamatkan Aces di kuarter berikutnya.

Di kuarter terakhir, kedua tim hampir imbang. Tembakan Sabrina Ionescu di sisa 41 detik memangkas jarak menjadi satu poin. Upaya Liberty melalui Courtney Vandersloot meleset. Jonquel Jones meraih offensive rebound tapi ia kehabisan waktu.

A’ja Wilson memimpin Aces dengan dobel-dobel 24 poin dan 16 rebound. Ia juga terpilih sebagai MVP Final WNBA 2023. Jackie Young dengan 16 poin, 7 asis, dan 2 steal. Cayla George yang kali ini menjadi starter menyumbang 11 poin, 4 rebound, dan 3 asis. Alysha Clark dengan 10 poin dan 8 rebound.

“Ini tidak mudah. Seperti yang Anda tahu. Tidak banyak orang yang mampu melakukannya. Menjadi orang bertangan pendek dan menang itu adalah hal yang luar biasa. Itu membuat kemenangan menjadi jauh lebih baik. Sulit untuk kembali ke final dan menang lagi,” ujar A’ja.

Dari kubu Liberty, Courtney Vandersloot meraih 19 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Betnijah Laney dengan 15 poin dan Sabrina Ionescu 13 poin. Disusul Breanna Stewart dengan 10 poin, 14 rebound, dan 5 asis.

Musim ini Aces tetap mendominasi liga sebagai unggulan pertama dengan rekor menang-kalah 34-6. Satu-satunya yang lepas adalah Commissioner’s Cup 2023 yang diraih oleh Liberty.

Pada babak playoff, Aces semakin solid. Mereka nyaris menyapu bersih seluruh seri. Tim asuhan Becky Hammon itu menundukkan Chicago Sky 2-0 dan Dallas Wings 3-0. Satu-satunya kekalahan terjadi di gim 3 Final WNBA 2023. (rag)

Foto: WNBA

Komentar