IBL

Pemilik Golden State Warriors Joe Lacob membuat rencana besar di tahun ini. Menurut The Athletic, Lacob sudah tinggal selangkah lagi untuk mendatangkan tim WNBA ke Bay Arena. Dengan kata lain, Warriors akan punya "Saudara Perempuan". 

Seorang juru bicara WNBA mengatakan kepada The Athletic bahwa diskusi Lacob dengan liga (WNBA) sudah menuju ke arah yang benar. Bahkan menurut Front Office Sports, pengumuman resmi akan dilakukan secepatnya pada awal bulan Oktober 2023. Dewan Gubernur NBA hanya tinggal menyetujui tim mana yang akan menjadi saudara Warriors. 

Langkah Joe Lacob ini dianggap sangat menguntungkan bagi Chase Center. Sebab, bisa menjadi sebuah daya tarik besar bagi WNBA. Tetapi dari sisi ekonomi, maka dengan adanya klub WNBA, fasilitas Chase Center akan berguna sepanjang tahun. Sebab tim WNBA tersebut akan memainkan pertandingan di Chase Center, bermarkas di sana, dan menggunakan fasilitas latihan di Oakland, sama seperti Stephen Curry dan kawan-kawan. Bisa dibayangkan bahwa Chase Center tidak akan pernah sepi sepanjang tahun. 

Sebenarnya WNBA sudah merencanakan untuk menambah tim baru pada tahun 2025. Karena ekspansi liga terakhir terjadi pada tahun 2008, saat Atlanta Dream bergabung. Namun belum jelas, apakah kabar dari Joe Lacob ini hanya memindahkan salah satu tim, atau membangun tim baru. Kalau membentuk tim baru, maka tim yang bermarkas di Chase Center tersebut akan menjadi tim ke-13 di WNBA. 

Joe Lacob dan grup kepemilikan Warriors sebelumnya sudah menambahkan satu tim olahraga wanita. Mereka membentuk Bay FC yang dijadwalkan untuk bermain di NWSL (Liga Sepak Bola Wanita Amerika Serikat) musim depan. Joe Lacob dan rekan-rekannya membeli klub tersebut seharga 125 juta dolar Amerika dari perusahaan investasi Sixth Street. (*)

Foto: The Boston Globe

Komentar