IBL

Golden State Warriors gagal mempertahankan gelar juara merek musim ini, setelah mereka kalah dari Los Angeles Lakers, di playoff putaran kedua. Tapi bukan kekalahan yang bisa menghancurkan Dinasti Warriors, melainkan keputusan Bob Myers. Mengutip laporan Shams Charania dari The Athletic, pemilik tim dan manajer umum tersebut belum membuat keputusan soal perpanjangan kontrak. Myres bisa meninggalkan Warriors setelah 30 Juni 2023, kalau tidak ada keputusan dari pemilik klub. 

Myers bergabung dengan manajemen Warriors pada tahun 2011 dan dipromosikan menjadi manajer umum pada tahun 2012. Tidak diragukan lagi bahwa dirinya adalah salah satu anggota terpenting dari Dinasti Warriors. Sebagai manajer umum, dia berhasil membangun tim punya tradisi juara, termasuk mendapatkan Kevin Durant pada 2016, dan Andrew Wiggins pada 2020. 

Sejak manajer berusia 48 tahun itu mengambil alih operasional tim, Warriors telah mencapai babak playoff sembilan kali, memasuki Final NBA enam kali, dan Juara NBA empat kali (2015, 2017, 2018, dan 2022). Myers juga merupakan manajer umum ke-11 dalam sejarah NBA yang memenangkan penghargaan GM of the Year beberapa kali, masing-masing pada musim 2014-2015 dan 2016-2017. 

Bob Myers dan pemilik Warriors, Joe Lacob. Foto: San Francisco Chronicle

Pada bulan Januari 2023, tersiar kabar bahwa ada dua hal yang mungkin membuat Myers mempertimbangkan keputusannya, yaitu gaji dan rencana masa depan tim Warriors. Menurut sumber, kedua belah pihak telah melakukan pembicaraan tentang pembaruan kontrak beberapa bulan lalu, tetapi gagal mencapai kesepakatan baru. Artinya Warriors siap untuk kemungkinan terburuk yaitu Bob Myers pergi dari tim ini. 

Baca juga: Warriors Terancam Kehilangan Manajer Umum Bob Myers

Jelas hal tersebut menimbulkan reaksi dari dalam tim ini. Steve Kerr, Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green ingin Myers tetap tinggal. Kepala pelatih Kerr dalam konferensi pers di akhir musim mengatakan bahwa mereka selama ini sudah menikmati kredibilitas tingkat tinggi dari seorang Bob Myers. Sementara Adrian Wojnarowski dari ESPN menyatakan bawah Bob Myers akan membuat keputusannya pada akhir bulan Mei 2023. 

Salah satu pemain yang tidak rela Bob Myers hengkang adalah Draymond Green. Keduanya memiliki hubungan yang erat. Green tampak tidak senang dengan berita bahwa Myers mungkin akan meninggalkan Warriors. Green menunjukkan kekesalannya dengan membalas ciutan Shams Charania di Twitter tentang negosiasi kontrak Myers dengan Warriors.

Pada dasarnya, Green sendiri juga harus membuat keputusan terkait masa depannya dengan Warriors. Pemain berusia 33 tahun itu memiliki opsi pemain seharga 27,6 juta dolar Amerika, atau dia bisa memilih untuk masuk ke bursa pemain "free agent" pada akhir musim nanti. Namun yang jelas, kemungkinan kepergian Myers bisa berpengaruh dalam pengambilan keputusan seorang Draymond Green. 

Bukan hanya itu, Warriors memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan akhir musim nanti. Jonathan Kuminga dan Jordan Poole juga berpeluang pergi dari kalau tidak mendapatkan kontrak baru. Jika Myers memutuskan untuk pergi, maka itu bisa memperumit offseason, dan berpengaruh pada masa depan Dinasti Warriors. (*)

Foto: USA Today

Komentar