IBL

Kelly Oubre Jr. kabarnya akan menandatangani kontrak satu tahun dengan Philadelphia 76ers, menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN. Meskipun detail kontraknya belum diumumkan, kemungkinan besar kesepakatan tersebut adalah gaji minimum veteran. Sixers sudah berada di atas batas pertama untuk gaji pemain. Sehingga mereka sudah terkena pajak barang mewah. Meskipun Sixers memiliki ruang tersisa sebelum yang batas kedua, manajemen mungkin lebih memilih menghemat ruang gaji mereka untuk perdagangan James Harden di tengah musim. 

Oubre Jr. sebelumnya berstatus "free agent". Pada usia 27 tahun, Oubre Jr. baru saja mencapai catatan karier terbaiknya dengan 20,3 poin pada 43,1 persen akurasi tembakan, lalu 5,2 rebound dan 1,1 asis per pertandingan. Tetapi ia kesulitan mencari kontrak baru di liga, setelah dilepas oleh Charlotte Hornets. Setidaknya, dia harus rela menerima kontrak satu tahun dengan gaji minimum pemain veteran seharga 2,89 juta dolar Amerika untuk musim 2023-2024. 

Derek Bodner dari PHLY Sports menulis bahwa Oubre Jr. menjadi pemain ke-21 dalam daftar Sixers. Angka tersebut menjadi jumlah maksimal pemain di kamp pelatihan yang diizinkan oleh liga. Jadi jika Oubre Jr. ingin kontraknya mendapatkan jaminan sepenuhnya, maka dirinya harus berjuang untuk menjadi pemain ke-15 dalam roster Sixers.

Oubre Jr. mencetak rata-rata 20,3 poin per gim musim lalu sebagai pemain Charlotte Hornets dan telah menjadi pemain inti lebih dari 200 pertandingan NBA. Namun, dia tidak pernah berhasil bertahan dengan tim yang sama selama lebih dari beberapa tahun. Wizards menukarnya ke Suns di pertengahan musim keempatnya. Dia menghabiskan sebagian dari dua tahun di Phoenix, diikuti oleh satu tahun dengan Warriors dan dua tahun dengan Hornets. 

Oubre Jr. adalah pemain yang membuat frustrasi. Dia adalah pencetak poin berbakat dengan banyak bakat fisik, tapi itu tidak pernah menghasilkan produktifitas yang konsisten di tim. Pertahanannya buruk, tembakan tiga angkanya sangat tidak konsisten. Ini terlihat ketika dia masih berseragam Warriors. Oubre Jr. kesulitan menyesuaikan diri dengan sistem ofensif Warriors yang membutuhkan IQ bola basket tinggi. 

Di sisi lain, Oubre Jr. seolah-olah menerima peran penting bagi Sixers. Dia juga bakal mendapat lebih banyak perhatian penggemar dibandingkan di Charlotte Hornets. Oubre Jr. juga akan memiliki kesempatan untuk memulihkan reputasinya, dengan harapan mendapatkan gaji yang lebih besar di luar musim berikutnya. Dan, siapa tahu, dia bahkan mungkin mendapatkan posisi yang bagus di samping Joel Embiid. Sementara bagi Sixers, mereka bisa mendapatkan sosok pengganti Lou Williams. Oubre Jr. akan masuk sebagai pencetak poin dari bangku cadangan paling produktif yang dimiliki Sixers, dengan asumsi dia dimainkan dari bangku cadangan. (*)

Foto: Behind The Buck Pass

Komentar