IBL

Usai merebut medali emas SEA Games 2023 dan promosi ke FIBA Women’s Asia Cup Divisi A, perjalanan timnas putri Indonesia berlanjut. Mereka akan berlaga di Asian Games 2023 di Hangzhou, Cina.

Dalam Asian Games 2023 ini, nomor 5x5 putri diikuti 12 negara. Termasuk Korea Utara yang pertama kali ikut serta sebagai satu negara sendiri. Pada Asian Games 2018 mereka bergabung dengan Korea Selatan dengan nama Korea.

Dari hasil undian, Indonesia bersaing di fase penyisihan grup dengan tuan rumah Cina di grup A. Selain itu juga ada India dan Mongolia.

Penanggung jawab Timnas Putri Indonesia Christopher Tanuwidjaja menargetkan dua kemenangan melawan Mongolia dan India. Tetapi tantang berat saat melawan Cina.

“Untuk melawan Cina, kami harus realistis. Level mereka agak jauh di atas kami. Jadi effort and fokus kami saat ini harus lebih ke India dan Mongolia,” kata Itop dalam keterangan resminya.

Dari tiga grup tersebut, ada delapan tiket ke perempat final. Dalam 5x5 putri tidak ada pertandingan untuk menentukan posisi akhir turnamen.

Pertandingan putri akan dimulai pada 27 September. Indonesia akan berhadapan dengan India di laga perdana tersebut.

Kategori 5x5 putri akan menggunakan dua venue. Masing-masing berada di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium dan Shaoxing Olympic Sports Center Gymnasium.

Pada Asian Games 2018 lalu, Indonesia terhenti di perempat final. Indonesia harus mengakui keunggulan CIna. Pada akhirnya Cina yang menyabet medali emas.

Indonesia kemudian menempati posisi ketujuh ranking akhir turnamen. Dari tujuh pertandingan, Indonesia menang dua kali. Kemenangan tersebut diraih atas Mongolia dan India. (rag)

 

Pembagian Grup

Grup A

Cina, India, Indonesia, Mongolia

 

Grup B

Jepang, Filipina, Kazakhstan, Hongkong

 

Grup C

Korea Selatan, Taiwan, Korea Utara, Thailand

 

 

Jadwal Pertandingan Timnas Putri Indonesia

Rabu, 27 September 2023

India vs Indonesia

Pukul 20.00

 

Jumat, 29 September 2023

Indonesia vs Cina

Pukul 20.00

 

Minggu, 1 Oktober 2023

Indonesia vs Mongolia

Pukul 20.00

 

Foto: FIBA

Komentar