IBL

Usman Garuba berpeluang bertahan di NBA. Golden State Warriors memberikan kontrak dua arah (two-way contract) kepada mantan pemain Real Madrid itu. Kesepakatan itu memungkinkan Garuba bermain untuk Santa Cruz Warriors (afiliasi G-League).

Santa Cruz adalah salah satu tim yang terkenal karena membantu pemainnya berkembang. Beberapa pemain yang pernah merasakan “ujian” Santa Cruz adalah Jordan Poole, Nico Mannion, dan LJ Figueroa.

Garuba merupakan pilihan ke-23 NBA Draft 2021. Ia direkrut oleh Houston Rockets. Musim lalu Garuda mencetak rata-rata 3,0 poin dan 4,1 rebound dengan rataan 13 menit bermain. Garuba memiliki akurasi 47,5 persen dengan 36,7 persen dari belakang garis busur.

Pada Juli 2023 lalu Garuba dikirim ke Atlanta Hawks dalam pertukaran yang melibatkan lima tim. Kemudian ia ditukar ke Oklahoma City Thunder dalam kesepakatan terpisah. Pada Agustus lalu Garuba berstatus bebas transfer.

Dengan kontrak dua arah dari Warriors itu menepis rumor kembalinya Garuba ke Madrid. Pemain berusia 21 tahun itu menegaskan bahwa ia ingin tetap bermain di AS. Setiap tim NBA bisa memiliki maksimal dua pemain two-way contract. Mereka tidak dihitung dalam jumlah maksimal 15 tim dalam roster.

Warriors masih memiliki dua tempat di roster utama yang tersedia sebelum memulai musim pada 24 Oktober mendatang. Selain Garuba, Warriors memiliki Lester Quinones sebagai pemain two-way contract.

Tidak hanya merekrut pemain-pemain muda, Warriors juga berniat mencari bigman veteran. Warriors dilaporkan akan bertemu dengan Dwight Howard pekan depan. Sejak 2022 lalu Howards bermain untuk Taoyuan Leopards di Liga Taiwan.

Dalam laporan Shams Charania dari The Athletics, Warriors sedang mencari pemain cadangan untuk musim mendatang. Kevon Looney kemungkinan akan masuk starter dan Draymond Green akan mendapatkan posisi itu ketika mereka bermain dalam small ball.

Pada posisi tersebut Warriors memiliki Dario Saric. Tetapi ia masih berkutat dengan cedera selama tiga musim terakhir. Saric hanya bermain 107 gim dalam tiga musim karena cedera ACL sejak Final NBA 2021.

Ada pula Tray Jackson-Davis. Tetapi dengan status ruki, kecil kemungkinan ia mendapat kesempatan besar. Mengingat Warriors berambisi merebut gelar musim depan.

Untuk itu Howards bisa menjadi pilihan tepat. Ia terakhir kali bermain di NBA bersama Los Angeles Lakers pada 2021-2022. Howard mencetak rata-rata 6,2 poin dan 5,9 rebound dalam 60 gim. (rag)

Foto: The New York Times

Komentar