IBL

Kalau sudah bertanya berapa? maka jawabannya sudah pasti tentang besaran uang. Berapa besar uang hadiah yang diterima Jerman setelah menjadi juara Piala Dunia FIBA 2023? Meski jawabannya masih belum diketahui, namun ada rincian tahun lalu yang bisa jadi gambaran. 

Sebelum jauh membahas soal uang hadiah, perlu diketahui bahwa semua peserta atau ke-32 tim nasional yang mengikuti Piala Dunia Bola Basket mendapatkan bantuan finansial dari FIBA. Lukas Malinauskas dari BasketNews melaporkan bahwa tahun ini ada sekitar 3,2 juta euro yang dialokasikan dan akan didistribusikan kepada 32 tim nasional. 

Penting untuk disebutkan bahwa Sekretaris Jenderal FIBA ​​Andreas Zagklis mengklarifikasi bahwa tidak ada hadiah uang di Piala Dunia Bola Basket FIBA ​​2023. Namun jumlah yang disebutkan merupakan kompensasi yang dikeluarkan timnas selama berada di Piala Dunia FIBA ​​2023. Masing-masing dari 32 tim nasional yang lolos ke Piala Dunia FIBA ​​akan menerima bonus sebesar 50.000 euro ($53K USD). 16 tim teratas akan menerima tambahan 100.000 euro ($107K USD) masing-masing. Ke-16 negara tersebut adalah Georgia, Yunani, Republik Dominika, Brazil, Puerto Rico, Montenegro, Australia, Spanyol, Italia, Slovenia, Latvia, Lithuania, Kanada, Amerika Serikat, Serbia dan Jerman.

Lalu berapa hadiah uang yang diterima oleh para juara?

Pada tahun 2019, pemenang menerima 2,5 juta dolar Amerika dari total hadiah sebesar 15 juta dolar, sedangkan runner-up membawa pulang 1,5 juta dolar dan tempat ketiga dan keempat, 1,2 juta dolar. Hadiah pemenang tahun 2019 mengalami peningkatan yang signifikan dari 1 juta dolar Amerika pada tahun 2014.

Berikut adalah rincian hadiah uang berdasarkan kumpulan total 15 juta dolar Amerika.

Bagi 32 tim yang berlaga di Piala Dunia FIBA, prestise untuk dinobatkan sebagai negara bola basket terbaik di dunia pun diperebutkan, seiring dengan pertaruhan kualifikasi Olimpiade 2024. Piala Dunia FIBA ​​adalah salah satu acara paling bergengsi di dunia bola basket internasional, di mana tim bersaing untuk mendapatkan gelar yang diidam-idamkan. 

Bagi negara-negara seperti Amerika Serikat yang menjadi favorit turnamen ini, hadiah uang mungkin tidak terlalu berpengaruh, namun hal ini menjadi sangat penting bagi negara-negara kecil yang berkompetisi di turnamen tersebut, yang dapat menggunakan uang tersebut untuk terus mengembangkan permainan dan infrastruktur bola basketnya. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar