IBL

Milwaukee Bucks akhirnya sukses memberi kejutan kepada tim kuat Cleveland Cavaliers. Bucks berhasil menumbangkan tim bertabur bintang itu dengan skor ketat 119-116 di BMO Harris Bradley Center, Milwaukee, Winconsin, Amerika Serikat, Rabu 20 Desember 2017. Mereka pun berhak bersuka cita di rumah sendiri.

Dalam kesempatan itu, Giannis Antetokounmpo tampil gemilang. Bintang andalan Bucks itu mengumpulkan 27 poin, 14 rebound, 8 asis, dan 2 steal. Point guard Eric Bledsoe di tempat kedua dengan 26 poin, sementara Khris Middleton mencetak double-double 18 poin dan 10 asis. Malcolm Brogdon dan John Henson juga tidak kalah dengan masing-masing 16 dan 15 poin.

Di kubu Cavaliers, kombinasi LeBron James dan Kevin Love menjadi momok bagi tuan rumah. Keduanya berhasil membawa tim asuhan Kepala Pelatih Tyronn Lue itu memimpin 15-5 di empat menit pertama. Mereka menyerang dengan cukup baik.

Kendati begitu, Bucks tidak menyerah begitu saja. Antetokounmpo dkk. menampilkan permainan kolektif yang hampir mengimbangi permainan lawan. Kedudukan kuarter pertama pun berakhir dengan margin sempit 34-30 untuk Cavaliers.

Di kuarter kedua, Bucks ternyata bisa tampil lebih baik untuk mengejar ketinggalan. Mereka merapatkan barisan dan menajamkan serangan. Alhasil, Bucks membalikkan keunggulan 69-58.

Kuarter selanjutnya, Bucks mampu menjaga keunggulan dengan permainan kolektif. Mereka menyerang dari berbagai tempat: menusuk ke area lubang kunci dan menembak di area perimeter maupun di belakang garis tiga angka. Sehingga tim asuhan Kepala Pelatih Jason Kidd ini semakin meninggalkan lawannya.

Puncak laga terjadi di kuarter akhir, di satu sisi Bucks ingin menjaga asa, di sisi lain Cavaliers tak mau pulang dengan kekalahan. Kedua tim pun berbalas serangan. Namun, Cavaliers ternyata bisa tampil lebih baik dari kuarter dua dan tiga. Mereka memang sempat ketinggalan 20 poin, tetapi James dkk. berusaha keras mengejar. Sayangnya, upaya itu sedikit terlambat sehingga Bucks memenangkan pertandingan dengan skor akhir 119-116.

“Tidak seorang pun panik dan itu menunjukkan kedewasaan mereka di ruang ganti,” komentar Kidd tentang penampilan anak-anak asuhnya.

Dengan demikian, Bucks pun berhasil menyelamatkan wajah mereka di hadapan penggemar sendiri. Kemenanga itu tentu akan menjadi modal bagus untuk melanjutkan pertandingan di musim reguler. Jika sesuai rencana, selanjutnya mereka bakal menjamu Charlotte Hornets di kandang pada Sabtu, 23 Desember 2017. Sementara itu, Cavaliers sendiri akan menghadapi Chicago Bulls pada Jumat, 22 Desember 2017.

Foto: Reuters

NBA

Komentar