IBL

Montenegro memastikan diri pulang dengan kepala tegak, Minggu (3/9). Di gim terakhir Grup J dan Piala Dunia FIBA 2023 untuk mereka, Montenegro menang 73-69 atas Yunani. Skor akhir memang cukup dekat dengan jarak hanya empat poin, namun Montenegro sejatinya menguasai gim dengan baik. 

Mereka tak pernah sekalipun dalam posisi tertinggal. Upaya pengejaran Yunani pun baru terjadi di kuarter empat, tepatnya enam menit terakhir. Di enam menit itu, Yunani mencetak 23 poin yang sayangnya belum cukup untuk mendapatkan kemenangan. 

Tentu Nikola Vucevic masih jadi pemain terpenting untuk Montenegro. Bermain 23 menit, Vucevic mencetak 19 poin dan 7 rebound. Dino Radoncic menyusul dengan 12 poin sedangkan Nikola Mihailovic 10 poin. Kendrick Perry hari ini absen karena cedera. 

Ini adalah sejarah baru untuk Montenegro. Di Piala Dunia FIBA kedua mereka, mereka berhasil mengumpulkan tiga kemenangan. Sebelumnya, di 2019, mereka hanya mampu meraih satu kemenangan dan finis di peringkat ke-25 dari 32 tim. 

Yunani melawan melalui Ioannis Papapetrou dengan 16 poin. Kostas Papanikolau 13 poin, sementara Thomas Walkup 11 poin plus 6 asis. "Kami sebenarnya ingin menutup turnamen ini dengan kemenangan, tapi sayangnya kami belum bisa melakukan itu. Kami ingin menang untuk para penggemar yang sudah datang jauh-jauh ke sini, tapi Montenegro tampil luar biasa. Mereka bisa mengunci kemenangan dengan baik," terang Kostas Papanikolau. 

Montenegro menutup Piala Dunia FIBA 2023 dengan catatan menang-kalah (3-2), sedangkan Yunani (2-3). Keduanya sudah dipastikan tidak lolos ke perempat final sejak gim sebelumnya. Perwakilan Grup J di perempat final adalah Lithuania dan Amerika Serikat. 

Ini adalah ronde kedua. Dua tim teratas dari ronde pertama lolos ke sini dan bergabung dengan dua tim teratas dari grup sebelahnya dalam satu grup baru. Masing-masing tim bermain dua kali di grup ini (melawan tim dari grup sebelahnya saja). Nantinya, dua tim teratas akan lolos ke perempat final. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar