IBL

Masih ingat Eric Lewis? Wasit NBA yang sempat menghebohkan di awal tahun 2023. Lewis kabarnya sudah memberi tahu liga bahwa dirinya akan pensiun. Sehingga penyelidikan kasus yang sempat dilakukan NBA akan segera ditutup. 

Sekadar mengingatkan, bahwa pada bulan Januari 2023, terjadi sebuah peristiwa yang menghebohkan di NBA. Pada pertandingan antara Los Angeles Lakers melawan Boston Celtics, LeBron James melakukan protes keras terhadap wasit Eric Lewis. Karena pada saat itu, LeBron menganggap dirinya telah dilanggar oleh Jayson Tatum. Bahkan Patrick Beverley sempat meminjam kamera salah satu fotografer untuk ditunjukkan ke Lewis. 

Lewis tidak mengubah keputusannya, dan pertandingan akhirnya dimenangkan oleh Celtics. Namun setelah itu, pihak Asosiasi Wasit NBA membeberkan kalau Eric Lewis telah mengambil keputusan yang salah. Karena Tatum dianggap melakukan pelanggaran, dan seharusnya LeBron mendapatkan tembakan gratis. 

Tak berhenti sampai di situ. Pada bulan Mei 2023, ada sebuah akun Twitter bernama @CuttliffBlair yang berusaha membela Lewis. Akun tersebut membalas semua kritikan mengenai Lewis. Bahkan di kolom komentar pemain-pemain NBA. Karena sudah meresahkan, akhirnya NBA mencoba mencari tahu pemilik akun tersebut. Ternyata dugaan kuat mengerucut pada Eric Lewis sendiri yang menjalankan akun tersebut. Dengan kata lain, dia membela dirinya sendiri. 

Baca juga: NBA Selidiki Kasus Wasit Eric Lewis

Terakhir, pada Final NBA 2023, nama Eric Lewis dihapus dari daftar wasit yang memimpin pertandingan. Padahal sebelumnya, Lewis selalu jadi langganan wasit Final NBA. Dia tidak pernah absen memimpin partai puncak sejak 2019 hingga 2022. Tetapi karena kesalahan dalam memimpin pertandingan, dan juga kasus media sosial, membuatnya dicoret. 

Sementara itu, NBA pada hari Rabu (30/8) waktu Amerika Serikat, mengumumkan bahwa Eric Lewis pensiun. "Wasit Eric Lewis telah memberi tahu kantor liga bahwa dia akan pensiun, dan keputusan ini akan segera berlaku. Mengingat keputusan pensiun tersebut, maka penyelidikan NBA terhadap kasus media sosial ditutup." Begitulah bunyi pengumuman NBA terkait Eric Lewis. 

Menurut Jason Owens dari Yahoo!Sports, seorang wasit di NBA tidak boleh berkomentar secara terbuka tentang wasit tanpa izin liga. Lewis sendiri terancam hukuman yang berat, apabila terbukti bahwa akun @CuttliffBlair adalah miliknya. Tetapi ketika Lewis sudah menyatakan pensiun, maka penyelidikan NBA, dengan dugaan Lelwis sebagai pemilik akun akhirnya dihentikan pula. 

Eric Lewis sebenarnya wasit yang bagus. Dia memimpin pertandingan NBA selama 19 musim, dengan rincian 1.098 pertandingan musim reguler, dan 82 pertandingan playoffs. Kontroversi seputar Eric Lewis akhirnya selesai dengan keputusan untuk meninggalkan NBA. (*)

Foto: Barstool Sports

Komentar